Cara Buat Folder di Media Library WordPress

83

Apakah anda ingin menata file media yang ada di situs WordPress menggunakan folder?

Secara default, WordPress membuat folder di media library berdasarkan bulan dan tahun file di upload. Namun, beberapa pengguna kadang ingin membuat folder kustomnya sendiri untuk file media yang berbeda agar lebih mudah dalam mengelompokkan file.

Pada artikel ini, kami akan menunjukkan panduan cara buat folder di media library WordPress dengan sangat mudah.

Alasan Anda Perlu Buat Folder File Sendiri di Media Library WordPress

Defaultnya WordPress menyimpan semua file dan gambar yang di unggah ke dalam folder /wp-content/uploads/. Dan untuk membuatnya tetap terstruktur, semua file disimpan pada folder yang dibuat secara otomatis berdasarkan bulan dan tahun.

Tapi beberapa pengguna masih tidak puas dan ingin mengontrol letak folder medianya sediri agar lebih terorganisir. Misalnya untuk mereka yang memiliki situs fotografi dan berkeinginan mengelompokkan gambar berdasarkan topik dan lokasi. Atau web portofolio yang mengatur unggahan media berdasarkan jenis file.

Maka dari itu dengan membuat folder sendiri pada media library memungkinkan mereka untuk dengan mdha mencari file yang di unggah. Sekarang mari kita lihat cara membuat folder di media library WordPress untuk mengatur file.

Cara Mengatur File WordPress di Folder Media Library

Pertama yang harus anda lakukan adalah menginstal dan mengaktifkan plugin Media Library Folders.

Note: Versi gratis dari plugin ini hanya memungkinkan anda untuk membuat sampai 10 folder. Jika menginginkan lebih dari itu anda harus upgrade ke versi pro.

Setelah diaktivasi, plugin secara otomatis akan menambahkan menu baru bernama ‘Media Library Folders’. Anda bisa mengkliknya untuk membuka halaman folder plugin yang menampilkan semua folder di dalam direktori uploads.

Halaman Media Library Folders

Dari halaman ini, anda bisa membuat folder baru dan menambahkan file. Bahkan anda juga dapat memindahkan, menyalin, mengganti nama, dan menghapus file.

Untuk memperlengkap panduan ini, kami akan memberi contoh cara membuat folder baru kemudian menambahkan file ke dalamnya.

Sekarang untuk membuat folder baru, anda cukup mengklik tombol Add Folder kemudian masukkan nama folder yang anda inginkan.

Note: Anda tidak dapat menggunakan spasi untuk membuat nama folder. Tetapi gunakan tanda hubung atau garis bawah untuk memisahkan kata.

Menambahkan folder baru Media Library Folders

Bahkan plugin ini juga memungkinkan anda membuat subfolder di dalam folder. Untuk membuat subfolder, cukup klik folder induk dimana anda ingin membuatnya, lalu klik tombol Add Folder.

Disini kami membuat beberapa subfolder untuk folder ‘Gambar-pemandangan’ dengan nama Gunung, Air terjun, dan Sawah. Dan untuk melihat subfolder yang berhasil dibuat, anda perlu mengklik panah kecil di sebelah folder induk.

Klik untuk melihat subfolder

Jika ingin menambahkan file, klik pada folder yang anda inginkan lalu klik tombol Add File. Setelah itu lanjutkan dengan mengklik Choose file untuk memilih file dari komputer atau menyeret dan melepaskannya pada kolom unggahan.

Unggah file ke dalam folder

Setelah selesai mengunggah file, anda akan melihatnya sebagai thumbnail dengan nama di bawah seperti berikut.

Gambar yang diunggah ke folder

File tersebut juga akan muncul jika dilihat melalui menu media library. Selanjutnya untuk menambahkan gambar yang sudah diunggah tersebut ke postingan atau halaman, anda dapat melakukan seperti file biasanya.

Pilih gambar yang diunggah melalui media library

Plugin Media Library Folders ini juga memungkinkan untuk memindahkan dan menyalin file ke folder manapun yang anda inginkan dengan mudah. Cukup dengan mengklik tombol Move/Copy lalu pilih gambar dan seret ke folder tujuan.

Kami harap artikel ini membantu anda mempelajari cara buat folder di media library WordPress. Jika anda masih memiliki pertanyaan terkait panduan ini, silahkan tinggalkan komentar pada kolom di bawah.

Baca Lainnya
Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.