Cara Install aaPanel VPS Control Panel

52

Cara Install aaPanel – aaPanel adalah kontrol panel yang berbasis open source dan ringan yang digunakan untuk mengelola suatu server atau VPS. Ini merupakan program alternatif kontrol panel yang dapat anda pilih karena gratis tidak seperti cPanel, Plesk, dll yang berbayar.

aaPanel hadir dengan tampilan yangg sangat sederhana dan ramah pengguna, membuat pekerjaan mengelola server menjadi lebih mudah bahkan untuk pemula. Menggunakan resouce yang sangat sedikit dan menawarkan penginstalan otomatis yang memungkinkan anda menginstal aplikasi hanya dengan satu klik.

Menawarkan beberapa fitur utama yang biasa dibutuhkan untuk menjalankan web hosting seperti file manager, SSL, Cron, Firewall, FTP, Database, DNS, domain web dan masih banyak lagi. Jika menginginkan lebih banyak fitur, anda dapat menginstal program tambahan melalui menu App Store yang ada di dalamnya.

Pada panduan ini, kami akan menunjukkan cara install aaPanel di Ubuntu 20.04 VPS. Untuk operating system lain caranya tidak terlalu berbeda, kami akan memberikan code instalasi di bawah.

Cara Install aaPanel VPS Control Panel

Pertama yang harus anda lakukan adalah terhubung ke server Ubuntu melalui SSH sebagai pengguna root. Anda bisa menggunakan putty atau aplikasi sejenisnya untuk mengakses server VPS.

Hubungkan dengan VPS Ubuntu

Sebelum mulai menginstal aaPanel, anda harus memastikan bahwa system sudah dalam keadaan up to date. Anda dapat melakukannya dengan menjalankan perintah berikut:

Setelah selesai, aaPanel sudah bisa di install pada VPS. Untuk instalasi aaPanel ini sangat mudah karena mereka menyediakan skrip instalasi otomatis, anda hanya perlu menjalankan satu baris script yang di dapatkan dari situs web aaPanel. Atau anda dapat mengunduhnya menggunakan perintah berikut.

Install aaPanel di CentOS

Install aaPanel di Ubuntu / Debian

Install aaPanel di VPS Ubuntu

Anda akan diminta untuk mengizinkan aapanel di install pada direktori ‘www’ atau tidak.

Ketik Y dan tekan Enter untuk memberi izin instalasi. Setelah proses instalasi selesai, anda akan melihat tautan yang dapat digunakan untuk mengakses aaPanel beserta nama pengguna dan kata sandi admin.

Instalasi aaPanel selesai

Sekarang anda dapat mengakses web ui aaPanel menggunakan tautan yang diberikan setelah proses instalasi selesai. Untuk username dan password terdapat di bawah tautan.

Login ke aaPanel

Kemudian ditampilkan pilihan paket web server yang ingin anda gunakan, apakah LNMP yang merupakan rekomendasi dari aaPanel atau LAMP.

Pilih instalasi web server aapanel

Setelah proses instalasi selesai, anda dapat menutup window dan akan melihat halaman dasbor dari aaPanel.

Halaman dasbor aaPanel

Menambahkan Domain di aaPanel dan Buat Website

Sebelum menambahkan website ke aaPanel, anda harus mengonfigurasi data DNS untuk domain yang akan ditambahkan. Anda harus membuka layanan dimana anda membeli domain dan buat A record yang di arahkan ke IP server aaPanel.

Jika sudah, masuk kembali ke aaPanel dan klik pada menu Website di sebelah kiri.

Tambahkan website di aaPanel

Kemudian klik tombol Add Site untuk menambahkan nama domain. Anda akan melihat halaman berikut.

Tambahkan domain ke aaPanel

Kami akan menjelaskan masing-masing dari menu yang terdapat pada window ini.

  • Domain name : Masukkan domain yang ingin digunakan pada kolom ini.
  • Description : Penjelasan singkat mengenai website yang anda buat, ini terisi otomatis saat anda memasukkan nama domain.
  • Website Path : Lokasi default file website disimpan.
  • FTP : Anda dapat membuat akun ftp secara langsung melalui menu ini.
  • Database : Anda dapat membuat database melalui menu ini.
  • PHP Version : Pilih versi PHP yang akan digunakan oleh website anda.
  • Site Category : Pilih kategori situs, anda bisa membiarkannya default.
  • SSL : Anda dapat memberi centang pada bagian ini untuk mengaktifkan https.

Jika sudah anda bisa mengklik tombol Submit. Dan anda akan melihat bahwasannya domain sudah berhasil ditambahkan seperti ini.

Domain sudah berhasil di tambahkan

Sekarang untuk mengamankan website dengan HTTPS, klik pada nama domain dan pilih menu SSL. Anda akan melihat halaman seperti berikut.

Aktifkan SSL pada website

Klik pada tab Let’s Encrypt, pilih domain dan klik tombol Apply untuk mulai mengamankan website dengan Let’s Encrypt SSL.

SSL aapanel berhasil dibuat

Setelah SSL berhasil dibuat pastikan anda menggeser togle pada ‘Force HTTPS’ yang berada di sudut kanan atas halaman.

Anda sekarang dapat mengakses situs web yang baru dibuat dengan aman menggunakan protokol HTTPS. Berikut adalah tampilan domain yang baru kami tambahkan.

Domain berhasil terhubung dengan aaPanel

Selamat, anda telah berhasil menginstal aaPanel di VPS dan menambahkan domain baru. Jika anda masih memiliki pertanyaan terkait panduan ini, silahkan tinggalkan komentar pada kolom di bawah.

Baca Lainnya
Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.