Cara Install Mail Server di aaPanel

70

Mail server merupakan program yang bertugas melayani pengiriman dan penerimaan email pada server. Dengan menggunakan mail server yang sudah di install pada VPS yang anda miliki, memungkinkan untuk membuat email dengan domain sendiri.

Nantinya anda juga dapat memasang web mail pada server untuk mempermudah dalam mengirim dan membaca pesan email yang masuk.

Pada artikel kali ini, kami akan menunjukkan cara install Mail Server di aaPanel dengan mudah.

Apa Itu aaPanel?

aaPanel adalah control panel gratis yang merupakan alternatif dari cPanel, Plesk dan lain sebagainya. Digunakan untuk mengelola server dengan berbagai sistem operasi yang didukungnya seperti Ubuntu, Debian, dan CentOS.

Web server yang digunakan oleh aaPanel yaitu LNMP (Linux Nginx MariaDB PHP) atau LAMP (Linux Apache MariaDB PHP). Untuk penginstalan aaPanel developer manawarkan penginstalan otomatis, cukup dengan satu baris perintah di terminal anda sudah bisa menginstal program ini pada server.

Untuk service mail server, aaPanel menggunakan postfix, dovecot, dan Rspamd. Postfix sebagai SMTP server, Dovecot sebagai POP3/IMAP, dan Rspamd sebagai filter spam.

Cara Install Mail Server di aaPanel

aaPanel ini meskipun gratis namun memiliki fitur yang sangat kompleks, misalnya saja anda dapat mengonfigurasi DNS server untuk membuat nameserver dengan domain sendiri. Dan yang sekarang kita bahas adalah install mail server di aaPanel agar bisa berkirim email menggunakan domain sendiri.

Untuk proses instalasi dan konfigurasi mail server aaPanel, anda bisa langsung melakukannya dari dalam dasbor kontrol panel ini.

Pertama yang harus anda lakukan adalah login ke dasbor aaPanel dengan mengisi username beserta password yang didapatkan setelah instalasi aaPanel.

Halaman login aaPanel

Setelah berhasil masuk, di menu samping kiri aaPanel klik App Store.

Buka App Store di aaPanel

Sekarang pada halaman App Store, cari ‘Mail Server’ menggunakan kolom pencarian di bagian atas. Kemudian pasang dengan mengklik tautan Install yang berada di sebelah kanan, jika muncul popup klik Confirm dan tunggu proses instalasi hingga selesai.

Cari Mail Server di aaPanelSetelah proses instalasi selesai, anda bisa mengonfigasi Mail Server dengan mengklik tautan Settings disebelahnya.

Konfigurasi Mail Server

Akan muncul popup mail server environment, disini anda harus menyelesaikan semua operasi yang berwarna merah hingga statusnya menjadi ready semua.

mail server environment

Pada panduan ini, kami memiliki 2 status yang berwarna merah yaitu ‘Redis-install’ dan ‘Redis-Passwd’. Berikut adalah cara yang harus anda lakukan untuk mengatasinya:

  • Redis-install : Anda harus memasang Redis melalui menu App Store kemudian pada kolom pencarian ketik redis dan klik Install.
  • Redis-Passwd : Anda perlu membuka halaman pengaturan redis dengan mengklik Settings. Berikutnya beralih ke ‘Performance tuning’, pada ‘requirepass’ masukkan password yang anda inginkan.

Atur password redis

Jika sudah, jangan lupa menyimpan pengaturan dengan mengklik Save.

Sekarang masuk kembali ke pengaturan Mail Server, anda akan melihat status yang tadinya berwarna merah sudah berubah menjadi ‘ready’. Untuk mengonfirmasi cukup klik tombol Submit disebelah kanan bawah.

Mail server environment ready

Mail server akan langsung melakukan konfigurasi secara otomatis, anda tinggal menunggu sampai proses selesai.

Selanjutnya adalah menambahkan domain yang ingin digunakan ke mail server dengan mengklik tombol Add Domain. Tetapi sebelum itu, pastikan anda telah membuat DNS A Record mail.domainanda.com dan settings mx record domain ke mail.domainanda.com.

Tambahkan domain ke mail server

Pada popup yang muncul, masukkan domain pada kolom ‘Domain name’ dan mail.domainanda.com di ‘A record’. Jika sudah, cukup klik tombol Submit untuk menyimpan pengaturan.

Berikutnya akan muncul tampilan seperti di bawah, yang meminta anda setting Record SPF, DKIM, dan DMARC. Silahkan klik tautan Not Set untuk melihat detail dan cara pemasangan di DNS server yang anda gunakan.

Setting DNS Record Mail Server

Setelah semuanya selesai, verifikasi DNS dengan mengklik tombol Already set, Verify domain name resolution.

Jika pengaturan DNS sudah benar, maka tampilan akan tercentang semua seperti ini dan konfigurasi mail server sudah selesai.

Setting DNS Mail Server Berhasil

Membuat Email di aaPanel

Langkah berikutnya setelah mengonfigurasi Mail Server adalah membuat akun email dengan domain sendiri. Ini juga bisa digunakan untuk melihat apakah konfigurasi yang sudah anda buat sukses atau tidak.

Caranya cukup klik tautan User di sebelah kanan dan dilanjutkan dengan menekan Add User, lalu buat akun email sesuai keinginan anda. Ketika sudah selesai, jangan lupa mengklik tombol Submit.

Membuat akun email

Kami harap artikel ini membantu anda bagaimana cara install mail server di aaPanel dengan mudah. Jika anda masih memiliki pertanyaan terkait panduan ini, silahkan tinggalkan komentar pada kolom dibawah.

Baca Lainnya
Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.