Cara Memasang reCAPTCHA di Komentar WordPress

31

Saat ini komentar spam sudah banyak bermunculan dan tidak terkendali lagi, terutama pada situs WordPress. Ini sangat menjengkelkan bagi admin situs karena harus memilah komentar setiap harinya.

Maka dari itu dibutuhkan suatu metode yang cukup ampuh untuk mengatasi masalah tersebut. Misalnya dengan menambahkan captcha pada komentar untuk mengindari spam yang di hasilkan oleh bot, alih-alih mematikan komentar.

Pada tutorial ini, kami akan menunjukkan cara memasang captcha di komentar WordPress dengan mudah.

Apa Itu Google reCAPTCHA?

Spam komentar yang dihasilkan oleh bot merupakan masalah utama bagi pemilik situs. Dan solusi utama untuk mengatasinya adalah dengan memasang recaptcha pada form komentar.

ReCAPTCHA merupakan fitur perlindungan dari spam bot yang dimiliki oleh Google dan merupakan versi lanjutan dari CAPTCHA yang dapat membedakan antara robot dan manusia.

Cara Google untuk bisa mengenali antara manusia dengan robot komputer yaitu pengguna harus mengklik kotak centang yang menunjukkan bahwa mereka bukan robot. Nantinya mereka akan langsung lulus atau disajikan beberapa gambar dimana mereka perlu mengklik objek yang cocok.

Sekarang Google telah membuat reCAPTCHA tersedia untuk umum, sehingga pemilik situs web dapat menggunakannya di halaman kontak, halaman login, dan komentar.

Untuk cara pasang ke komentar juga sangat mudah, anda hanya perlu beberapa langkah sederhana. Sekarang mari kita lihat bagaimana cara pasang captcha di komentar WordPress.

Cara Memasang CAPTCHA di Komentar WordPress

Pertama yang harus anda lakukan adalah menginstal dan mengaktifkan plugin Simple Google reCAPTCHA.

Setelah diaktivasi, secara otomatis anda akan langsung dibawa ke halaman Settings > Google reCAPTCHA untuk mengonfigurasi plugin.

Simple Google reCHAPTCHA

Plugin akan meminta anda untuk memasukkan kunci API reCAPTCHA Google. Anda dapat membuat kunci ini secara gratis dari website resmi reCAPTCHA dengan mengklik tautan ‘register your domain’ di bagian atas layar.

Mendaftarkan Website untuk Mendapatkan Kunci API reCAPTCHA

Ketika mengklik tautan ‘register your domain’ itu akan membawa anda ke website Google reCAPTCHA tempat anda mendaftarkan situs untuk bisa menggunakan reCAPTCHA.

Disini anda perlu masuk menggunakan akun Google. Setelah itu, anda akan melihat halaman ‘Register a new site’ dimana anda perlu memberikan beberapa informasi untuk mulai mendaftarkan situs.

Pertama di kolom ‘Label’ anda perlu memasukkan nama situs atau nama apapun yang nantinya dapat membantu anda mengidentifikasi situs di masa mendatang.

Daftarkan situs di Google reCAPTCHA

Selanjutnya pada bagian ‘reCAPTCHA type’ anda perlu memilih pada reCAPTCHA V2. Ini akan memunculkan 3 opsi baru. Karena anda ingin menambahkan kotak centang reCAPTCHA ke situs, maka anda harus memilih

Pada kolom ‘Domain’ anda perlu menambahkan nama domain situs web tempat anda memasang kotak reCAPTCHA. Anda juga bisa menambahkan beberapa domain atau subdomain sekaligus, cukup klik pada ikon plus ( + ). Ini akan memungkinkan anda untuk menggunakan kunci API yang sama di situs web berbeda.

Tambah domain baru di reCAPTCHA

Di bagian ‘Owners’, Google secara otomatis menambahkan alamat email yang digunakan untuk login. Anda juga dapat menambahkan email lain jika mau.

Selanjutnya, anda harus menerima persyaratan layanan untuk menggunakan Google reCAPTCHA. Cukup beri centang kotak disamping ‘Accept the reCAPTCHA Terms of Service’ dan ‘Send alerts to owners’ untuk mengizinkan Google mengirim email jika mendeteksi kesalahan konfigurasi atau aktivitas mencurigakan.

Kirim dan Daftarkan Situs WordPress Anda

Setelah selesai mengisi formulir, anda dapat mengklik tombol Submit untuk mendaftarkan situs

Sekarang Google reCAPTCHA akan menampilkan pesan sukses bersamaan dengan kata kunci situs dan secret key di halaman ini.

Salin Situs dan Kunci Rahasia

Anda sekarang dapat menggunakan kunci API tersebut di dalam pengaturan plugin di situs web.

Menambahkan reCAPTCHA di Komentar WordPress

Kembali ke dasbor admin situs dan buka halaman Settings > Google reCAPTCHA dari menu samping kiri.

Pada halaman pengaturan plugin, anda perlu memasukkan kunci situs dan secret key yang barusan.

Tambahkan secret key ke plugin google recaptcha

Plugin ini secara otomatis akan menambahkan verifikasi reCAPTCHA ke formulir komentar situs, pendaftaran, reset kata sandi, kata sandi baru, dan formulir login. Anda juga diberikan opsi untuk menonaktifkan reCAPTCHA pada formulir login dengan memberi centang pada ‘Disable on login form’.

Setelah selesai, klik tombol Save Changes untuk menyimpan kunci API dan mengaktifkan reCAPTCHA pada situs WordPress.

Selamat, anda telah berhasil menambahkan reCAPTCHA ke komentar WordPress. Anda sekarang dapat melihat komentar dari postingan blog untuk memastikan bahwa itu sudah berfungsi dengan baik.

Tampilan recaptcha di komentar WordPress

Catatan: reCAPTCHA hanya akan ditampilkan kepada pengguna yang keluar. Jadi anda perlu logout terlebih dahulu untuk bisa melihat pratinjau dari reCAPTCHA yang sudah dipasang.

Kami harap artikel ini membantu anda mempelajari cara menambahkan captcha di komentar WordPress.

Baca Lainnya
Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.