Cara Memperbarui URL Saat Memindahkan Website WordPress

60

Apakah anda baru saja memindahkan website WordPress dan ingin memperbarui URL? Jika anda melakukan secara manual dengan cara mengedit postingan dan halaman satu per satu itu akan banyak memakan waktu.

Untungnya ada metode lebih cepat dengan menggunakan plugin WordPress gratis yang dapat membantu dalam mengotomatiskan proses tersebut.

Pada artikel ini, kami akan menunjukkan kepada anda cara memperbarui URL saat memindahkan website WordPress.

Alasan Anda Harus Memperbarui URL Website WordPress

Ketika memindahkan situs WordPress ke domain baru, anda perlu mengubah alamat WordPress dan URL situs dengan membuka halaman Settings > General dari dasbor admin.

Mengubah URL situs WordPress

Namun, cara ini tidak mengubah URL gambar dan tautan yang telah anda tambahkan ke postingan atau disebut dengan internal link.

Jika anda tidak memperbaiki masalah tersebut dengan segera, itu bisa mengakibatkan masalah yang cukup serius pada pengalaman pengguna dan SEO website. Tetapi, menggantinya secara manual juga sangat merepotkan dan mamakan waktu jika anda memiliki banyak sekali postingan.

Maka dari itu, sangat penting sekali untuk memperbarui URL dengan menggunakan solusi yang lebih cepat untuk mengatasi masalah tersebut.

Tentunya anda juga harus memastikan ada pengaturan 301 redirect dari domain lama ke yang baru, sehingga pengguna yang mengunjungi situs selalu diarahkan ke tempat yang tepat. Itu juga sangat penting karena mungkin saja ada situs lain yang menautkan ke domain lama seperti media sosial, google dan lainnya.

Sekarang mari kita lihat bagaimana cara mengubah URL dengan mudah dan cepat ketika memindahkan situs WordPress ke alamat yang baru.

Perbarui URL Setelah Memindahkan Website WordPress

Cara termudah untuk memperbarui tautan lama di website WordPress adalah dengan menggunakan plugin Go Live Update Urls. Plugin gratis ini memungkinkan anda memperbarui URL di postingan, halaman, gambar, kutipan, widget dan banyak lagi.

Catatan: Sebelum menggunakan plugin ini dan memperbarui semua tautan, pastikan anda membuat backup situs lengkap. Hal ini diperlukan jika nantinya anda mengalami masalah selama proses pembaruan.

Selanjutnya, anda harus menginstal dan mengaktifkan plugin Go Live Update Urls.

Setelah berhasil diaktivasi, anda dapat membuka halaman Tools > Go Live dari menu samping dasbor admin.

Pilih table inti untuk diupdate

Setelah itu, anda dapat memperbarui URL di dalam postingan, komentar, data pengguna, dan area lain pada situs dengan melihat opsi tabel inti WordPress di plugin.

Perlu di ketahui, tabel inti WordPress adalah tempat semua data disimpan dan diatur. Misalnya, tabel wp_posts akan menyimpan semua postingan yang sudah di terbitkan atau masih draf. Sedangkan tabel wp_comments menyimpan berbagai informasi tentang komentar beserta data orang yang berkomentar.

Selain itu, Go Live Update Urls juga memiliki fitur yang dapat digunakan untuk memperbarui URL lama dalam data yang digunakan oleh berbagai plugin di website. Namun, ini adalah langkah opsional dan anda dapat melewatinya.

Perbarui URLdalam data plugin

Selanjutnya, anda harus menggulir ke bagian bawah plugin untuk memperbarui tautan lama ke yang baru. Silahkan masukkan URL Lama dan URL Baru di masing-masing bidang.

Masukkan URL lama dan Baru

Setelah selesai, klik tombol Update Urls. Sekarang plugin akan memperbarui semua URL di situs WordPress anda ke domain yang baru.

Kami harap artikel ini membantu anda mempelajari cara memperbarui URL saat memindahkan website WordPress.

Baca Lainnya
Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.