Cara Memperbesar Gambar Tanpa Kehilangan Kualitas

61

Nulis.net | Apakah anda pernah mencoba mengubah ukuran gambar menjadi lebih besar? Tapi hasil gambar malah kehilangan kualitas alias sedikit buram.

Pada umumnya jika kita memperbesar ukuran gambar maka kualitasnya semakin menurun. Ini dikarenakan sutu gambar terdiri dari ribuan piksel yang sangat rapat dan kecil, jika dibesarkan piksel tersebut akan semakin melebar. Akibatnya, anda akan melihat gambar yang buram dengan kualitas rendah.

Pada artikel ini, kami akan menunjukkan cara mengubah ukuran gambar menjadi lebih besar tanpa kehilangan kulitas.

Alasan Gambar Kehilangan Kualitas Saat Diperbesar

Sekitar satu dekade yang lalu gambar masih memiliki kualitas yang rendah, sehingga kita bisa melihat ukuran piksel dengan sangat jelas. Dimana piksel tersebut berbentuk kotak yang sangat banyak sehingga menjadi sebuah gambar yang utuh.

Untungnya sekarang jaman sudah semakin canggih dan berbagai teknologi yang dapat membuat gambar lebih modern sudah bermunculan. Sehingga gambar yang dihasilkan memiliki jumlah piksel yang lebih banyak namun berukuran sangat kecil dan gambar menjadi semakin jernih.

Nah, jika kita mengecilkan gambar dari ukuran aslinya itu tidak akan menjadi masalah. Namun, saat diperlebar itu akan mengakibatkan gambar menjadi buram dan kualitasnya akan menurun. Ini dikarenakan piksel yang menyusun gambar tersebut semakin melebar sehingga warna yang dihasilkan juga memudar.

Untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menggandakan setiap piksel yang diperbesar agar sesuai dengan piksel terdekatnya. Oleh para professional metode ini disebut dengan Interpolasi Fraktal. Nantinya hasil gambar yang diperbesar akan jauh lebih baik menggunakan teknik ini.

Sekarang mari kita coba beberapa metode yang dapat anda gunakan untuk memperbesar gambar agar tidak kehilangan kualitas aslinya.

Metode 1: Menggunakan GIMP Editor Gratis

GIMP

GIMP adalah aplikasi editor gambar gratis yang menjadi alternatif dari Adobe Photoshop dan Affinity Photo yang berbayar. Memiliki berbagai fitur utama untuk mengedit foto, salah satunya adalah untuk memperbesar gambar. Namun, gambar yang dihasilkan tidak akan lebih bagus dari versi premium.

Pertama, yang harus anda lakukan adalah mengunduh dan menginstal GIMP di komputer. Ini tersedia dalam berbagai platform seperti Windows, Mac, dan Linux jadi sesuaikan dengan sistem operasi yang anda pakai.

Kemudian jalankan GIMP foto editor dan buka gambar yang ingin anda ubah ukurannya. Jika sudah klik Image > Scale Image dari menu tool bar.

Klik pada scale image

Selanjutnya, masukkan lebar dan tinggi pada window yang muncul untuk mengatur dimensi yang anda inginkan.

Setelah itu, pilih ‘Cubic’ sebagai metode Interpolasi di bawah bagian Quality, dan klik tombol Scale setelahnya.

Mengubah ukuran gambar di GIMP

Sekarang anda dapat mengekspor gambar yang sudah diperbesar tersebut ke dalam format berbeda, seperti PNG, JPG, HTML, atau yang lainnya.

Metode 2: Perbesar Gambar Menggunakan waifu2x

Waifu2x adalah situs yang sering kami gunakan untuk memperbesar gambar agar mendapatkan kualitas yang hampir sama dengan aslinya. Penggunaannya sangat sederhana, tidak memerlukan pendaftaran atau semacamnya, cukup beberapa klik saja maka gambar akan langsung diproses.

Pertama yang harus anda lakukan adalah mengunjungi website waifu2x. Setelah itu pada halaman yang muncul anda cukup mengklik Choose File untuk mencari gambar yang akan diperbesar ukurannya. Jika ingin memperbesar gambar yang ada pada website, anda cukup memasukkan tautan gambar pada kolom ‘Type URL’.

Perbesar gambar dengan waifu2x

Pada bagian Style, anda bisa memilih berdasarkan jenis file yang akan diperbesar. Misalnya jika itu sebuah vector maka pilih ‘Artwork’, sedangkan untuk foto pilih pada ‘Photo’.

Kemudian di Noise Reduction, pilih seberapa baik kualitas yang akan dihasilkan nantinya. Jika ingin yang biasa saja anda bisa memilih ‘Low’, dan untuk kualitas terbaik pilih ‘Highest’. Sebagai rekomendasi ‘High’ saja sudah cukup, kami sering menggunakan yang bagian ini.

Upscaling, ini menentukan sebarapa lebar ukuran yang dihasilkan. Disini anda diberikan 3 pilihan yaitu None, 1.6x, dan 2x, opsi ‘None’ berarti ukuran tetap dan gambar hanya diperjelas.

Beri tanda centang pada I’m not a robot dan klik Convert. Pada tab baru dan gambar yang muncul anda bisa mengklik kanan pilih Save Image as.

Kami harap artikel ini membantu anda mempelajari cara mengubah ukuran gambar agar lebih besar tanpa kehilangan kualitas.

Baca Lainnya
Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.