Cara Mempercepat Loading Website Dengan Link Preload

11

Apakah anda ingin melakukan pramuat tautan di WordPress untuk meningkatkan kecepatan loading halaman?

Link preload adalah teknologi browser yang akan memuat tautan di latar belakang sebelum pengunjung situs mengkliknya, hal ini bisa membuat situs web yang tampak lebih cepat.

Pada artikel ini, kami akan menunjukkan kepada anda cara melakukan preloading tautan WordPress untuk membuat situs menampilkan seluruh halaman lebih cepat.

Alasan Anda Harus Melakukan Preload Tautan di WordPress

Mempercepat loading halaman adalah hal yang wajib di lakukan oleh para webmaster. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kinerja situs agar bisa bersaing di mesin pencari, karena salah satu faktor yang menentukan peringkat suatu website di mesin pencari adalah kecepatan loadingnya. Sehingga dengan begitu juga akan meningkatkan lalu lintas blog yang anda miliki.

Meskipun ada banyak cara yang dapat anda lakukan untuk membuat situs WordPress menjadi lebih cepat. Namun, pramuat tautan adalah langkah yang sangat sederhana dan memberikan manfaat besar sehingga wajib untuk anda terapkan.

Tetapi jika anda melakukan ini dengan cara yang salah dan semua tautan internal anda telah dimuat sebelumnya, maka bisa juga berefek sebaliknya atau lebih buruk lagi server anda akan mengalami crash sehingga situs tidak dapat di akses.

Sekarang, mari kita lihat bagaimana cara melakukan preload tautan di WordPress dengan cara yang benar dan mudah diterapkan.

Mempercepat Website WordPress Dengan Preload Link

Cara termudah untuk melakukan pramuat tautan di WordPress adalah dengan menggunakan plugin yang bernama Flying Pages. Ini hanya akan menambahkan pramuat cerdas untuk memastikan pramuat tidak akan merusak situs anda atau bahkan memperlambatnya.

Jika sampai mendeteksi masalah seperti itu, maka plugin akan menghentikan semua pramuat.

Sekarang hal pertama yang perlu anda lakukan adalah menginstal dan mengaktifkan plugin Flying Pages.

Setelah di aktivasi, buka Settings > Flying Pages di menu samping area admin WordPress untuk mengonfigurasi pengaturan plugin.

Kemudian anda perlu mengatur waktu ‘Delay to start preloading’ dengan cara memilih dari menu dropdown. Ini adalah penundaan untuk memulai preload tautan jika mouse pengguna tidak bergerak di jendela browser.

Anda dapat mengubahnya, tetapi pada panduan ini kami akan tetap menggunakan pengaturan default yang direkomendasikan yaitu ‘0 second’.

Pengaturan menunda pramuat

Selanjutnya, anda dapat mengubah ‘Max requests per second’. Semakin rendah anda menetapkan angka pada bagian ini, maka semakin kecil dampak buruk yang akan terjadi pada server.

Disini kami akan mempertahankan pengaturan default ‘3 requests’ yang seharusnya sudah berfungsi untuk sebagian besar hosting.

Tetapkan permintaan maksimum perdetik

Setelah itu, anda dapat mencentang kotak ‘Preload only on mouse hover’. Ini hanya akan memuat tautan terlebih dahulu jika pengguna mengarahkan kursor ke atasnya dan akan memuat laman sebelum mereka mengklik.

Teknologi ini membuat waktu muat yang dirasakan hampir seketika, karena ada jeda 400 ms antara saat pengguna mangarahkan mouse ke tautan dan mengkliknya.

Anda juga dapat mengatur ‘Mouse hover delay’. Ini adalah waktu yang akan berlalu setelah pengguna mengarahkan kursor ke tautan sebelum pramuat dimulai.

Setelah waktu pramuat

Di bawahnya, ada daftar kata kunci yang akan dikecualikan plugin agar tidak dilakukan pramuat.

Yang terdapat pada bagian ini adalah halaman login standar dan file gambar. Anda dapat membiarkan daftar tersebut secara default atau menambahkan lebih banyak kata kunci jika anda mau.

Kata kunci untuk dikecualikan

Misalnya jika anda menjalankan toko online, maka anda bisa menambahkan halaman seperti /cart dan halaman dinamis lainnya dalam daftar ini, sehingga halaman tersebut tidak dimuat sebelumnya.

Begitu pula jika anda menggunakan plugin afiliasi, maka sangat penting untuk menambahkan awalan afiliasi anda seperti /refer/ atau /go/ ke dalam daftar kata kunci ini. Jika anda tidak melakukannya, maka hal tersebut bisa mengganggu proses pelacakan afiliasi.

Opsi terakhir adalah menonaktifkan pramuat untuk admin.

Secara keseluruhan, ini akan membantu mengurangi beban server website. Jika anda hanya ingin melakukan pramuat untuk pengunjung website yang bukan admin yang masuk, cukup centang kotaknya.

Nonaktifkan pramuat untuk admin

Setelah selesai, jangan lupa mengklik tombol Save Changes di bagian bawah halaman.

Catatan : Jika anda menjalankan tes kecepatan pada website dan tidak melihat perubahan pada skor, itu memang normal. Karena proses pramuat ini tidak meningkatkan kecepatan website pada saat pertama kali situs dimuat. Namun hanya meningkatkan kecepatan ketika pengguna mengklik tautan yang mengarah ke halaman lain yang ada pada situs anda.

Kami harap artikel ini membantu anda mempelajari cara memuat tautan di WordPress untuk kecepatan pemuatan yang lebih cepat. Jika anda masih memiliki pertanyaan terkait panduan ini, silahkan tinggalkan pada kolom komentar di bawah.

Baca Lainnya
Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.