Cara Menambahkan RSS Sitemap di WordPress

3

Apakah anda ingin menambahkan RSS sitemap di WordPress?

Dengan menggunakan RSS sitemap ini dapat membantu Google untuk mengindeks konten yang ada pada situs menjadi lebih cepat. Bahkan Google merekomendasikan penggunaan RSS sitemap untuk mengkombinasikan dengan XML sitemap agar mendapatkan hasil SEO yang lebih maksimal.

Pada artikel ini, kami akan membahas cara menambahkan RSS sitemap di WordPress dengan mudah tanpa menggunakan kode.

Penjelasan Tentang RSS Sitemap

Perlu anda ketahui sitemap XML biasanya berukuran cukup besar, namun disisi lain RSS sitemap memiliki ukuran yang lebih kecil karena hanya berisi pembaruan terkini pada situs.

Dan juga Google merayapi RSS sitemap lebih sering, sehingga membuat proses pengindeksan jauh lebih cepat.

Maka dari itu, kami rekomendasikan anda untuk menggunakan dua metode sitemap ini sekaligus. Dimana sitemap XML membantu dalam memberikan informasi kepada Google tentang semua postingan dan halaman. Sedangkan RSS sitemap memberi tahu Google tentang konten yang baru saja diupdate.

Tampilan RSS Sitemap

Anda bahkan bisa menambahkan video sitemap dan news sitemap untuk manfaat SEO yang maksimal. Namun itu bersifat opsional atau tergantung dari jenis website yang anda miliki.

Sekarang mari kita lihat bagaimana cara menambahkan RSS sitemap di WordPress.

Cara Menambahkan RSS Sitemap di WordPress

Jika situs anda menggunakan WordPress cara termudah yang dapat anda lakukan adalah dengan bantuan plugin seperti All in One SEO.

Plugin tersebut memiliki versi premium yang berbayar jika anda memerlukan lebih banyak fitur untuk SEO yang lebih baik. Namun, jika hanya ingin menggunakan RSS sitemap saja fitur ini juga tersedia pada versi gratisnya.

All in One SEO

Hal pertama yang harus anda lakukan adalah menginstal dan mengaktifkan plugin All in One SEO yang dapat di unduh secara langsung pada direktori plugin WordPress.

Setelah plugin di aktivasi, anda akan diminta untuk mengikuti wizard penyiapan. Ini sangat mudah bahkan untuk mereka yang belum pernah menggunakan akan bisa mengikutinya karena dibantu untuk mengatur semuanya dengan tepat.

Sekarang untuk mengaktifkan RSS sitemap di WordPress, anda harus membuka menu All in One SEO > Sitemap dan klik pada bagian RSS Sitemap.

Pengaturan RSS sitemap AIOSEO

Kemudian geser togle disamping Enable Sitemap, anda telah berhasil menambahkan RSS sitemap di WordPress. Cobalah mengklik tombol Open RSS Sitemap untuk melihat pratinjau dari RSS sitemap situs anda.

Atau, anda dapat mengunjunginya dengan menambahkan sitemap.rss di bagian akhir domain situs. Sehingga akan terlihat seperti berikut ini.

https://situsanda.com/sitemap.rss

Setelah berhasil mengaktifkannya, anda bisa mengirimkan RSS sitemap di Google Search Console.

Proses pengiriman RSS sitemap ini sama seperti anda menambahkan sitemap lainnya.

Tambahkan RSS sitemap di GSC

Sampai disini anda sudah berhasil membuat RSS sitemap dan mengirimkannya di Google Search Console. Nantinya crawl Google akan membaca lebih cepat peta situs RSS ini daripada peta situs XML umum.

Tetapi anda tidak perlu mengirim RSS sitemap ini di webmaster bing dan yandex. Karena beberapa bulan terakhir Microsoft telah meluncurkan protokol IndexNow untuk lebih meningkatkan kecepatan SEO.

Kami harap artikel ini membantu anda mempelajari cara menambahkan RSS sitemap di WordPres. Jika anda memiliki pertanyaan terkait panduan ini, tinggalkan komentar pada kolom di bawah.

Baca Lainnya
Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.