Cara Menambahkan Shortcode di WordPress

18

Shortcode adalah cara mudah untuk menambahkan konten dinamis ke postingan, halaman, dan sidebar situs WordPress.

Sudah sangat banyak plugin dan tema WordPress yang menggunakan shortcode untuk menambahkan konten khusus seperti kontak form, galeri gambar, slider, dan banyak lagi.

Pada artikel ini, kami akan menunjukkan cara menambahkan shortcode di WordPress dengan mudah. Kami juga akan sedikit membahas bagaimana cara membuat shortcode custom sendiri.

Apa Itu Shortcode?

Shortcode merupakan pintasan kode yang dapat membantu pengguna dalam menambahkan konten dinamis. Biasanya shortcode ini ditampilkan di dalam tanda kurung seperti berikut:

[shortcode anda]

Untuk lebih memahami tentang shortcode, mari kita lihat kenapa kode tersebut diperlukan.

WordPress menyaring semua konten untuk memastikan bahwa tidak ada yang menggunakan postingan dan halaman untuk memasukkan kode berbahaya ke dalam database. Ini berarti anda hanya dapat menulis HTML dasar di postingan konten, namun tidak dapat menulis kode PHP.

Tetapi bagaimana jika anda ingin menjalankan beberapa kode khusus di dalam postingan? misalnya saja menampilkan postingan terkait, iklan, kontak form, galeri, dll.

Maka disinilah shortcode berfungsi.

Pada dasarnya, ini memungkinkan para pengembang untuk menambahkan kode di dalam suatu fungsi dan kemudian mendaftarkan fungsi itu ke WordPress sebagai shortcode. Sehingga pengguna dapat dengan mudah menggunakannya tanpa harus memiliki pengetahuan pengkodean.

Saat WordPress menemukan shortcode, maka secara otomatis akan menjalankan kode yang terkait dengannya.

Sekarang mari kita lihat cara menambahkan shortcode di postingan dan halaman WordPress.

Menambahkan Shortcode di Postingan dan Halaman WordPress

Pertama yang harus anda lakukan adalah mengedit atau membuat postingan baru. Setelah itu, anda perlu mengklik tombol tambah blok untuk memasukkan blok shortcode.

Menambahkan shortcode

Setelah menambahkan blok shortcode, anda cukup memasukkan kode pendek di pengaturan blok. Biasanya kode pendek ini diberikan oleh plugin WordPress yang anda gunakan. Misalnya saja plugin WPForms untuk membuat kontak form.

Tambahkan shortcode

Jika sudah selesai, anda dapat menyimpan atau mempublikasikan postingan. Kemudian lihat pratinjau shortcode yang sudah anda pasang.

Menambahkan Shortcode di Classic Editor WordPress

Jika anda masih menggunakan klasik editor versi lama di WordPress, maka anda bisa lanjut membaca untuk mengetahui cara menambahkan shortcode di postingan dan halaman WordPress.

Cukup edit atau membuat postingan baru. Kemudian anda dapat menambahkan shortcode dimana saja dalam konten editor terutama tempat anda ingin menampilkannya. Pastikan anda menambahkan shortcode di baris baru seperti pada gambar berikut.

Jika sudah selesai, kamu dapat menyimpan atau mempublikasikan postingan. Kemudian lihat pratinjau shortcode yang sudah kamu pasang. Menambahkan Shortcode di Classic Editor WordPress Jika kamu masih menggunakan klasik editor versi lama di WordPress, maka kamu bisa lanjut membaca untuk mengetahui cara menambahkan shortcode di postingan dan halaman WordPress. Cukup edit atau membuat postingan baru. Kemudian kamu dapat menambahkan shortcode dimana saja dalam konten editor terutama tempat kamu ingin menampilkannya. Pastikan kamu menambahkan shortcode di baris baru seperti pada gambar berikut.

Jangan lupa untuk menyimpan atau mempublikasikan postingan. Setelah itu anda dapat melihat tampilan shortcode yang sudah di pasang.

Cara Membuat Shortcode Custom Sendiri di WordPress

Shortcode bisa sangat berguna ketika anda ingin menambahkan konten dinamis atau custom kode ke postingan atau halaman. Namun, jika anda ingin membuat shortcode custom sendiri, maka itu membutuhkan pengetahuan pengkodean.

Baca Juga : cara menambahkan custom kode di WordPress.

Jika anda sudah pernah melakukan pengkodean seperti PHP, maka berikut adalah contoh kode yang dapat anda gunakan sebagai template.

Dalam kode di atas, pertama kami membuat fungsi yang menjalankan beberapa kode dan mengembalikan output. Setelah itu, kami membuat shortcode baru yang diberi nama ‘greeting’ dan memberi tahu WordPress untuk menjalankan fungsi yang kami buat.

Anda sekarang dapat menggunakan shortcode custom yang sudah dibuat ke dalam postingan, halaman, atau widget menggunakan shortcode berikut:

[greeting]

Ini akan menjalankan fungsi yang anda buat dan menampilkan output yang diinginkan.

Sekarang mari kita lihat bagaimana menggunakan shortcode yang lebih simpel. Dalam panduan ini, kami akan menampilkan iklan Google Adsense menggunakan shortcode.

Jangan lupa untuk mengganti kode iklan sesuai dengan yang anda miliki.

Sekarang anda dapat menggunakan shortcode [kodeiklan] di dalam postingan atau tempat yang sudah kami sebutkan sebelumnya. Nantinya WordPress secara otomatis akan menjalankan fungsi yang terkait dengan shortcode dan menampilkan iklan.

Kami harap artikel ini membantu anda mempelajari cara menambahkan shortcode di WordPress. Mungkin anda juga ingin melihat artikel kami lainnya tentang cara mengirim test email dari WordPress dan cara menambahkan awalan sponsored di judul postingan.

Jika anda memiliki pertanyaan terkait panduan ini, silahkan tinggalkan komentar pada kolom di bawah.

Baca Lainnya
Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.