Cara Menambahkan Watermark di WordPress Secara Otomatis

55

Nulis | Cara Menambahkan Watermark di WordPress – Akhir-akhir ini banyak sekali pencurian konten yang dilakukan oleh orang tidak bertanggung jawab. Banyak dari mereka menggunakan gambar atau jenis konten lainnya yang diambil dari situs pribadi orang lain tanpa menyertakan sumber asal konten tersebut.

Hal ini bisa sangat merugikan bagi anda yang berprofesi sebagai fotografer dan memanfaatkan media internet sebagai penghasilan utama. Maka dari itu, sangat penting memberikan sebuah perlindungan pada gambar yang anda miliki.

Cara yang bisa anda gunakan untuk melindungi gambar adalah dengan menambahkan watermark. Fungsi watermark ini dapat memberi tahu setiap orang yang melihat bahwasanya gambar tersebut adalah milik anda. Watermark tersebut bisa berupa teks tulisan dengan nama anda atau menggunakan logo situs.

Baca Juga : Cara Membatasi Nama Pengguna dan Email di WordPress

Nantinya watermark tersebut dibuat tipis agar tidak menutupi tampilan penuh dari gambar yang anda unggah.

Metode ini akan sangat mudah jika anda menggunakan situs berbasis WordPress. Karena terdapat plugin yang secara otomatis dapat menambahkan watermark dan memiliki halaman konfigurasi yang cukup lengkap.

Pada artikel ini, kami akan menunjukkan bagaimana cara menambahkan watermark di WordPress hanya dengan beberapa langkah mudah.

Cara Menambahkan Watermark di WordPress

Hal pertama yang harus anda lakukan adalah masuk ke dasbor admin WordPress, kemudian menginstal dan mengaktifkan plugin Easy Watermark.

Setelah berhasil diaktivasi, anda bisa mengunjungi halaman Tools > Easy Watermark untuk mengonfigurasi plugin.

Halaman easy watermark

Halaman pengaturan plugin ini dibagi menjadi empat tab. Untuk menambahkan watermark baru, anda bisa beralih ke opsi pertama dan mengklik tombol Add New Watermark. Kemudian anda dibawa ke halaman tempat mengatur watermark yang akan digunakan.

Pada bagian pertama tambahkan judul, disini anda bisa memasukkan nama apa saja sesuai keinginan. Berikutnya adalah memilih tipe watermark, anda bisa memilih salah satu dari dua opsi yang ada yaitu teks atau gambar. Pada panduan ini, kami akan menggunakan gambar logo dari situs nulis.net.

Baca Juga : Cara Mengaktifkan Pendaftaran di Situs WordPress

Sesaat setelah anda mengklik Image, muncul meta box baru dibagian bawah yang bisa digunakan untuk mengonfigurasi watermark. Tapi sebelum itu anda harus mengklik Select/Upload Image untuk menambahkan gambar baru yang nantinya digunakan sebagai watermark.

Jika gambar sudah dipilih, maka muncul opsi ‘Opacity’ untuk mengatur ketajaman watermark. Turunkan nilai opacity, agar watermark tidak menutupi gambar yang anda unggah.

Tambah gambar watermark

Bagian Alignment, digunakan untuk menentukan lokasi watermark dengan memilih salah satu dari 9 kotak. Anda juga dapat menyesuaikan letak berdasarkan nilai X (lebar) dan Y (tinggi).

Di panduan ini, kami meletakkan watermark di bagian tengah bawah dan mengatur ketinggian menjadi 40 px.

Lokasi penempatan watermark

Pada pengaturan di bagian bawah, anda bisa membiarkannya default. Karena pengaturan default seharusnya sudah bekerja dengan baik.

Sekarang simpan perubahan yang anda buat dengan menekan tombol Save.

Untuk menerapkan watermark ke semua gambar yang sudah di upload sebelumnya, anda harus kembali ke pengaturan plugin Easy Watermark dan beralih ke tab ‘Tools’. Pada bagian Bulk Watermark, pilih nama watermark yang sudah anda buat tadi dari menu dropdown. Kemudian klik Start untuk mulai proses.

Pilih untuk menerapkan logo

Kami harap artikel ini membantu anda menambahkan watermark di WordPress secara otomatis. Jika anda masih memiliki pertanyaan terkait panduan ini, silahkan tinggalkan komentar pada kolom di bawah.

Baca Lainnya
Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.