Cara Menampilkan Pemberitahuan Artikel Lama di WordPress

40

Jika anda sudah melakukan aktivitas bloging dalam waktu yang lama, dan sudah menerbitkan konten postingan dalam jumlah yang sangat banyak. Dan anda tidak pernah melakukan pembaruan pada konten tersebut, ini bisa menjadi masalah yang cukup serius.

Karena bisa saja konten yang anda buat sudah tidak relevan lagi, sehingga menyebabkan pengalaman pengguna yang buruk, bounch rate tinggi, dan menurunnya peringkat di mesin pencari. Hal ini sering terjadi pada niche tutorial, karena seiring berkembangnya zaman setiap produk mengalami pembaruan sehingga panduan lama kadang sudah tidak bekerja.

Idealnya, anda harus sesekali mengedit artikel tersebut dan memperbaruinya dengan informasi yang lebih berguna, akurat, dan juga terkini. Namun, jika anda memiliki begitu banyak artikel, cukup artikel yang paling banyak pengunjungnya saja yang sering dilakukan pembaruan.

Hal tersebut selain baik untuk mesin pencari, juga baik dimata pengunjung. Karena pengunjung merasa konten yang anda sajikan sudah paling baru dan work saat dicoba.

Kamudian cara untuk memberi tahu pengunjung, adalah dengan menambahkan tanggal terakhir kali konten tersebut diperbarui.

Maka dari itu, sekarang mari kita lihat bagaimana cara menambahkan pemberitahuan pada artikel lama di WordPress.

Tampilkan Pemberitahuan Artikel Lama Menggunakan Plugin

Cara termudah untuk menampilkan pemberitahuan di postingan lama kepada pengguna adalah menggunakan bantuan plugin.

Yang harus anda lakukan pertama kali adalah masuk ke dasbor admin WordPress, kemudian menginstal dan mengaktifkan plugin DX Out of Date.

Setelah diaktivasi, anda harus mengunjungi halaman Settings > Out of Date untuk melakukan konfigurasi plugin.

Pengaturan plugin Out of Date

Disini anda harus memilih periode dan durasi. Ini merupakan waktu postingan saat pertama kali dibuat sehingga dianggap lama oleh plugin.

Dibawahnya anda dapat memberikan pesan khusus yang nantinya akan ditampilkan pada postingan dan mengaktifkannya untuk ditampilkan pada semua postingan lama. Tidak usah khawatir, anda selalu dapat menyembunyikan postingan tertentu dengan mengeditnya.

Ketika menggulir kebawah lagi, anda akan menemukan nantinya ditampilkan pada jenis postingan apa, kemudian warna untuk notifikasi, dan menambahkan CSS kustom jika perlu.

Pengaturan lanjutan Out Of Date

Jika sudah jangan lupa mengklik tombol Save Changes untuk menyimpan pengaturan yang sudah anda buat.

Sekarang cobalah mengunjungi postingan lama di website anda untuk melihat apakah perubahan yang sudah dibuat berkerja dengan baik atau tidak.

Notifikasi postingan lama ditampilkan pada bagian atas postingan

Kami harap artikel ini membantu anda mempelajari cara menampilkan pemberitahuan pada artikel lama di WordPress. Anda mungkin juga ingin melihat panduan kami lainnya tentang cara memperbarui URL saat memindahkan website WordPress.

Jika anda masih memiliki pertanyaan terkait panduan ini, silahkan tinggalkan komentar pada kolom di bawah.

Baca Lainnya
Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.