Coban Putri: Tiket dan Spot Foto Lengkap Terbaru

33

Bingung mau liburan ke mana saat di Malang? Kamu bisa mencoba berkunjung di salah satu wisata air terjun di daerah Oro-oro Ombo ini. Coban Putri Malang atau air terjun Putri ini berada tak jauh dari tempat wisata ternama di Kota Batu, yakni BNS atau Batu Night Spectacular. Jadi kamu bisa mampir sebentar setelah berkunjung ke objek wisata di sekitarnya.

Nama tempat wisata ini memang Coban Putri yang berarti air terjun, tapi saat sampai di kawasan wisatanya kamu akan menemukan banyak spot yang sangat cocok untuk bersantai. Banyak juga pengunjung yang memanfaatkan untuk mengambil foto sebanyak-banyaknya karena keindahan alamnya.

Tentang Coban Putri dan Spot Asri yang Unik

Tinggi air terjun Coban Putri memang hanya sekitar 20 meter saja, debit airnya juga tidak deras. Tapi Coban Putri terdiri dari 2 air terjun dengan air yang sangat jernih. Tebing bebatuan alam yang dilalui air terjun semakin menambah keindahan Coban Putri. Dedaunan yang menjuntai pada tebing batu membuat area air terjun semakin hijau.

Coban Putri Malang
instagram.com/solontravel

Aliran air dari air terjung bermuara pada kolam di bawahnya. Karena debit airnya kecil dan kolamnya yang tidak dalam, pengunjung bisa mengajak anak-anak untuk bermain air di kolam tersebut. Namun harus selalu dalam pengawasan orang dewasa. Selain air terjunnya, kamu bisa menikmati beberapa spot menarik di Coban Putri Malang berikut:

1. Spot Tangan Dewa

Tak jauh dari area air terjun, tersedia spot yang kerap diincar muda-mudi untuk berswafoto di atasnya. Spot ini merupakan gardu pandang yang terbuat dari kayu dan ranting-ranting yang membentuk jari-jari tangan raksasa.

Dari atas gardu, nampak pemandangan perbukitan di sekitarnya yang terbentang mengelilingi kawasan Coban Putri. Namun sayangnya, kamu tidak bisa menaiki gardu beramai-ramai. Karena kapasitas gardu tidak boleh lebih dari 3 orang.

2. Swafoto di Jembatan Antara Air Terjun

Di tengah air terjun kembar, terdapat sebuah jembatan yang terbentang di atas air tepat di depan air terjun. Jembatan ini terbuat dari bambu sehingga sangat menyatu dengan alam. Bagi yang membawa anak-anak, sebaiknya selalu waspada saat melintas di jembatan ini.

3. Kolam Coban Putri

Spot menarik selanjutnya di Coban Putri Malang yaitu sebuah kolam jernih dengan sumber air langsung dari aliran air terjun. Pengunjung biasanya akan bersantai sejenak di kolam ini sembari menikmati suara gemericik air yang menyejukkan.

Bahkan kamu juga bisa menggunakan perahu karet untuk menikmati suasana kolam atau sekedar berswafoto.

4. Camping Ground

Selain untuk wisata, pengunjung bisa mendirikan kemah bersama teman-teman atau keluarga di kawasan air terjun Putri ini. Namun karena pihak pengelola tidak menyediakan peralatan camping, jadi kamu harus membawa peralatan sendiri.

5. Ayunan dan Spot Foto Lainnya

Buat kamu yang tidak takut ketinggian, kamu bisa mencoba ayunan tinggi yang membuat siapapun menaiki akan terlihat seperti berayun di udara. Jangan lupa pemandangan indah di belakangnya. Meski terlihat ekstrem, tapi wahana ini sangat aman karena sudah dilengkapi sabuk pengaman.

Harga Tiket dan Jam Operasional di Coban Putri

Wisata Coban Putri Malang selalu bisa dikunjungi kapan saja, mulai dari pukul 09.00-17.00 WIB. Namun bagi yang ingin mendirikan camping, kamu bisa di kawasan tersebut selama 24 jam. Meski tidak ada petugas, pastikan kamu selalu menjaga lingkungan dan tidak membuang sampah sembarangan.

Untuk bisa berkunjung ke kawasan air terjun tersebut, pengunjung harus membayar tiket dengan harga berikut:

  1. Tiket masuk sebesar Rp. 10.000 per orang
  2. Parkir motor sebesar Rp. 3.000 dan parkir mobil sebesar Rp. 5.000
  3. Spot Foto di Gardu Pandang sebesar Rp. 10.000 per orang
  4. Sewa Jeep Offroad sekitar Rp. 35.000 per orang

Lokasi dan Rute Menuju Coban Putri

Tak sulit menemukan lokasi air terjun Putri, karena tempat ini berada di Jalan Oro-oro Ombo, Kecamatan Batu, Kota Batu, Jawa Timur. Untuk menuju kawasan Coban Putri pengunjung akan melewati jalan yang cukup sempit. Jadi akan lebih mudah jika menggunakan kendaraan beroda dua.

Tempat wisata ini tidak jauh dari objek wisata lain seperti Batu Flower Garden dan Coban Rais karena hanya berjarak sekitar 1,5 km. Sementara dari Pusat Kota Batu hanya perlu waktu tempuh 15 menit.

Fasilitas Umum di Kawasan Coban Putri

Bagi yang ingin berkunjung atau berkemah, pihak Coban Putri sudah menyediakan fasilitas seperti toilet, kedai makan, tempat parkir, dan fasilitas lainnya. Namun bagi yang ingin bermalam, kamu bisa membawa makanan dan minuman sendiri sesuai selera dan kebutuhan.

Buat kamu yang sudah berencana berlibur ke Coban Putri Malang, sebaiknya datang saat pagi agar bisa merasakan kesejukan alam tanpa sengatan matahari siang. Ajak keluarga atau teman-teman untuk menikmati malam di camping ground dengan latar belakang air terjun kembar Putri.

Baca Lainnya
Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.