Jurang Tembelan Kanigoro: Harga Tiket dan Lokasi

9

Jurang Tembelan Kanigoro sangat menarik untuk dikunjungi sembari berburu spot foto yang instagramable di daerah Jogja. Satu lokasi dengan Hutan Pinus Mangunan yang sudah lebih dahulu terkenal, tentunya tempat ini tidak sulit untuk dijangkau dengan berbagai macam kendaraan.

Meskipun memiliki berbagai macam spot unik dan fasilitas yang cukup memadai, namun untuk menikmati destinasi wisata alam ini tidaklah mahal. Bisa menjadi solusi bagi kamu yang tidak memilki budget tinggi untuk liburan.

Lokasi dan Rute Menuju Jurang Tembelan Kanigoro

Memang liburan yang baik itu adalah yang memberikan efek refreshing setelahnya, sehingga memiliki energi baru untuk melakukan aktivitas selanjutnya. Pemandangan yang indah, suasana yang menyejukkan dan biaya yang tidak terlalu mahal dengan waktu yang singkat, akan membuat liburan menjadi lebih menyenangkan.

Daripada biaya yang mahal, rute yang jauh dan menghabiskan banyak biaya. Alih-alih senang, yang ada malah pening setelah pulang dari liburan. Itulah sebabnya memilih Jurang Tembelan Kanigoro bisa menjadi keputusan terbaik bagi kamu yang tinggal di daerah Jogja dan sekitarnya.

Jurang Tembelan Kanigoro
instagram.com/anggaaaaar

Untuk dapat menuju ke destinasi wisata yang hits ini bukanlah perkara yang susah. Karena posisinya masih ada di dalam kawasan Desa Wisata Mangunan, di daerah Dlingo kabupaten Bantul. Memiliki lokasi yang tidak terlalu jauh dari Kebun Buah Mangunan maka bisa berkunjung sekalian saat pergi kesana.

Untuk mencapai lokasi ini dari kota Jogja, kamu harus menuju ke arah jalan Imogiri Timur. Kemudian setelah kamu bertemu dengan pertigaan yang ada di dekat pasar Imogiri, kamu dapat mengikuti arah jalan ke Mangunan. kamu bisa kesana dengan kendaraan pribadi seperti mobil ataupun motor.

Lokasi ini tentu sangat mudah ditemukan oleh pengunjung yang berasal dari Jogja, namun bagi pengunjung luar kota mungkin akan bingung. Solusinya selain bertanya kepada penduduk setempat sebagai panduan, mungkin bisa menggunakan bantuan dari Google Maps.

Atau bisa juga untuk yang tidak memiliki kendaraan pribadi bisa memesan driver online sebagai solusi yang paling praktis. Karena medan menuju Jurang Tembelan Kanigoro ini memiliki tikungan yang tajam dan kondisi jalanan yang naik turun.

Sehingga untuk yang membawa kendaraan besar seperti bus wisata dianjurkan untuk memutar lebih dahulu. Melewati jalanan yang melingkari Bukit Bintang Gunung Kidul agar mendapatkan rute yang memiliki medan cukup bersahabat.

Waktu tempuh untuk menuju ke kawasan wisata yang memiliki jarak 22 kilometer dari kota Yogyakarta ini kurang lebih sekitar 1 jam. Dengan catatan tidak mengalami macet dalam rute yang dilewatinya.

Harga Tiket Masuk Jurang Tembelan Kanigoro

Sampai sekarang untuk tiket masuk menuju wisata Jurang Tembelan Kanigoro ini masih belum ada informasi resminya alias gratis. Jadi pihak pengelolanya masih belum menentukan harga tiket masuk bagi para calon pengunjung.

Namun untuk kamu yang memutuskan berkunjung kesini bisa membayar seikhlasnya pada kotak amal yang sudah disediakan. Tetapi jika kamu membawa kendaraan pribadi, cukup membayar parkir sebesar Rp. 2.000 untuk sepeda motor dan Rp. 5.000 untuk mobil.

Pesona Jurang Tembelan Kanigoro dan Spot Foto Yang Instagramable

Sebagai salah satu destinasi wisata favorit yang cukup populer di kota Jogja, tentunya Jurang Tembelan Kanigoro memiliki banyak pesona yang memikat pengunjung untuk datang. Terutama spot foto instagramable yang menjadi buruan kaum muda masa kini.

Saat berkunjung ke kebun Buah Mangunan, kamu akan dapat menemukannya tidak jauh dari gardu pandang Mangunan. Sehingga kamu dapat berpatokan dengan mencarinya di sekitar area gerbang masuk Gardu Pandang Mangunan untuk menemukan papan petunjuk menuju Jurang Tembelan.

Beberapa pesona yang membuat para pengunjung tertarik untuk datang ke Jurang Tembelan Kanigoro ini adalah sebagai berikut:

1. Pemandangan Alami Dan Spot Foto Yang Instagramable

Memiliki pemandangan alam dengan tebing perbukitan yang sangat menarik untuk mengambil foto sebagai latar belakang. Kamu bisa mendapatkan gambar unik foto selfie diatas jembatan yang posisinya seperti diatas awan.

Selain jembatan diatas awan tadi, ada spot selfie paling favorit pilihan pengunjung. Yakni berfoto diatas kapal yang berada di tepi jurang dengan background pemandangan sungai Oyo yang sangat eksotik. Karena dikelilingi oleh pegunungan seribu yang sangat indah.

Bahkan kapal inilah yang akhirnya menjadi terkenal dan sebagai ikon yang mewakili Jurang tembelan Kanigoro. Kapal dari pohon bambu ini dibuat dengan memanfaatkan material alami yang didapatkan dari sekitar. Sehingga termasuk memberdayakan sumber daya alam yang ada di kawasan wisata.

Spot yang satu ini sangat menarik karena pengunjung dapat mengambil gambar ala-ala film Titanic yang sangat terkenal. Apalagi untuk mengambil gambar di tempat ini tidak diminta untuk membayar dengan tarif tertentu. Hanya sumbangan seikhlasnya sebagai ganti biaya perawatan kapal yang rentan lapuk.

Namun sebaiknya pengunjung tetap berhati-hati saat mengambil gambar di kapal ini. Jangan sampai melanggar aturan dengan mencoba berfoto beramai-ramai yang akan berakibat fatal. Baik bagi diri sendiri maupun orang lain yang ikut menjadi korban.

2. Tempat Berburu Sunrise

Bagi wisatawan yang sangat menyukai pemandangan sunrise, pemandangan dari Jurang Tembelan Kanigoro sangatlah indah. Bisa membuat matahari terbit di pagi hari dengan suasana berkabut yang dingin, membuat pikiran yang ruwet sejenak terurai.

Termasuk sebagai tempat wisata baru yang dibuka di bulan Agustus 2016, namun sudah wara-wiri di instagram sebagai rekomendasi selfie yang instagramable. Sudah banyak pengunjung yang datang dan mengabadikan gambarnya dengan pemandangan jurang yang tiada duanya.

Sebagai tempat yang tepat untuk berburu sunrise, dianjurkan datang saat pagi hari menjelang matahari terbit. Sehingga tidak akan ketinggalan munculnya matahari terbit layaknya matahari di film Telletubbies. Pemandangan yang langka ditemukan saat kembali ke kehidupan nyata.

Meskipun tidak setiap hari bisa dinikmati, namun untuk mendapatkan pemandangan terbaik dari jurang ini. Alangkah baiknya datang sebelum pukul 5 pagi. Karena seiring dengan naiknya matahari, maka kabut dan awan juga akan menghilang dari pandangan.

Meskipun luas wilayah Jurang Tembelan Kanigoro ini tidak terlalu luas, namun pesonanya tidak menyurutkan minat pengunjung untuk datang. Buktinya setiap hari selalu saja ada yang berkunjung dan setiap weekend banyak kaum muda yang mengantri untuk mengambil foto.

3. Tempat Berburu Sunset

Jurang Tembelan Kanigoro
instagram.com/shanti_andria

Tak hanya pemandangan matahari terbit saja yang menjadi daya tarik dari Jurang Tembelan Kanigoro ini, pemandangan matahari terbenam pun tak kalah menawan. Dengan ciri khas semburat jingga di ufuk barat, menyaksikan matahari perlahan menghilang dari pandangan.

Ditambah lagi dengan dinginnya udara yang segar, membuat suasana terasa syahdu. Terutama bagi yang datang ke tempat ini bersama pasangan untuk berbagi rasa. Dijamin akan menjadi kenangan yang indah kelak saat sudah mulai menua.

Karena latar pemandangan yang indah inilah banyak juga pasangan yang memilih lokasi ini untuk mengambil foto prewed. Karena dirasa mewakili perasaan dari masing-masing pasangan yang merasakan bahwa cintanya begitu indah. Seindah kerlap-kerlip lampu dan bintang sejauh mata memandang.

Meskipun sudah terkenal dan menjadi tujuan banyak orang untuk berwisata, namun masih ada beberapa fasilitas yang masih harus ditambahkan untuk menambah kenyamanan pengunjung. Tetapi kamu tidak perlu khawatir mengenai fasilitas yang tersedia karena sudah cukup memadai.

Fasilitas pokok seperti toilet, cafeteria, spot foto, gazebo, tempat ibadah dan lahan parkir sudah disediakan demi kenyamanan pengunjung. Sehingga kamu tidak perlu takut untuk berkunjung ke Jurang Tembelan Kanigoro ini saat berwisata ke kawasan Mangunan, Bantul Yogjakarta.

Baca Lainnya
Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.