2 Cara Mengatasi Lupa Password Mi Cloud

39

Nulis.net | Cara Mengatasi Lupa Password Mi Cloud – Jika Apple memiliki Apple ID, maka Xiaomi-pun memiliki sebuah akun khusus Xiaomi, yaitu Mi Account. Dengan akun ini Anda bisa melakukan banyak hal, mulai dari sinkronisasi data, kontak, SMS, Kalender, Catatan, melakukan backup restore pengaturan maupun aplikasi, dan menghapus data.

Selain itu, MI Account juga dapat digunakan untuk unlock bootloader hingga melacak keberadaan smartphone yang hilang dan menguncinya melalui situs i.mi.com (selama smartphone terkoneksi ke GPS).

Banyak pengguna awam yang kebetulan ‘kurang’ paham mengenai fungsi dan layanan yang di dapat dari Mi Account. Memang, walaupun tanpa mengatur Mi Account di perangkat Xiaomi Anda, hal itu tidak berpengaruh terhadap performa dari ponsel. Namun, beberapa layanan ekslusif dari Xiaomi jadi tidak dapat dinikmati.

Kasus yang sering terjadi adalah banyak pengguna yang melakukan hard reset namun lupa mengeluarkan akun Mi Cloud-nya terlebih dahulu. Atau pada saat membeli ponsel Xiaomi bekas, namun lupa memastikan kalau Mi Account belum dikeluarkan oleh pengguna sebelumnya.

Nah, karena pentingnya Mi Account, kehilangan atau lupa password Mi Cloud tentu sangat menjengkelkan. Untuk mengatasi hal tersebut, berikut ini kami berikan panduan lengkap bagaimana cara mengatasinya.

Cara Mengatasi Lupa Password Mi Cloud

Terdapat 2 cara untuk mendapatkan kembali password Mi Cloud Anda, tapi saya merekomendasikan cara yang pertama karena cara ini yang diberikan Xioami untuk mengembalikan akun Mi. Sedangkan cara yang kedua lebih ke faktor keberuntungan, namun banyak juga pengguna yang sukses menggunakan cara ini untuk untuk mendapatkan kembali Mi Account.

Metode 1. Reset Password Mi Account Dengan Email/Nomor HP

  1. Masuk ke situs resmi Xiaomi berikut: https://account.xiaomi.com/.
  2. Kemudian ketuk bagian Lupa Sandi / Forgot Password.Masukkan email atau nomor telepon
  3. Selanjutnya masukkan No Hp atau Alamat Email yang Anda gunakan pada saat daftar Mi Account.
  4. Kemudian klik Berikutnya.Masukkan alamat email
  5. Jika muncul popup, klik kotak untuk memverifikasi.
  6. Setelah itu anda akan diberikan pilihan metode verifikasi, disini terdapat dua metode yang bisa anda gunakan yaitu ‘Nomor telepon’ dan ‘Alamat email’. Pada panduan ini kami akan melakukan verifikasi menggunakan email.Pilih metode verifikasi
  7. Berikutnya sistem akan mengirim kode verifikasi ke alamat email yang digunakan, namun anda perlu mengonfirmasinya dengan mengklik tombol Kirim.Kirim kode verifikasi ke email
  8. Langkah selanjutnya buka email, dan anda akan mendapatkan kode verifikasi. Silahkan salin kode tersebut.Kode verifikasi Xiaomi
  9. Lalu masukkan kode verifikasi tersebut ke halaman sebelumnya dan klik Kirim.Masukkan kode verifikasi
  10. Setelah itu anda tinggal setel ulang kata sandi yang baru. Kemudian klik Kirim.
  11. Selesai.

Selamat, Anda sudah berhasil mereset password Mi Account atau akun Mi Cloud. Sekarang Anda bisa login lagi ke perangkat Anda yang terkunci akun Mi Cloud.

Metode 2. Membuat Akun Mi Cloud Baru

Jika cara pertama tidak bisa Anda lakukan, entah itu karena No HP yang digunakan untuk daftar rusak atau sudah tidak aktif lagi, atau karena lupa password email Anda.

Walaupun cara kedua ini tidak menjamin untuk mendapatkan akun Mi Cloud Anda, namun tidak ada salahnya di coba bukan? Siapa tahu Anda beruntung.

Persiapan Tool dan Bahan

  • PC yang menggunakan OS Windows. Sebaiknya gunakan PC yang di lengkapi UPS, untuk antisipasi jika pada saat proses flashing berjalan terjadi pemadaman listrik. Atau Anda bisa juga menggunakan laptop.
  • Kabel data original (gunakan kabel USB bawaan perangkat).
  • Tools : Mi Flash Tool versi 20181115 (download disini). Setelah itu, ekstrak dan install. MiFlash versi ini sudah include driver, sehingga Anda tidak perlu install driver lagi. Jika pada saat instalasi muncul peringatan Windows Security,”Windows can’t verify“, lanjutkan dengan memilih “Install this driver software anyway”.
  • ROM : ROM Fastboot MIUI 13. Sesuaikan dengan perangkat yang Anda gunakan. Kemudian ektrak dan letakkan di Drive C: pada PC/Laptop Anda.

Jika semuanya sudah siap, silahkan ikuti langkah-langkahnya berikut :

Langkah-langkah Flashing

Baca dahulu setiap langkahnya, jika Anda sudah paham, silahkan lakukan flashing.

  1. Pertama-tama, matikan perangkat kemudian masuk ke fastboot mode. Caranya, tekan tombol Volume Bawah+Power secara bersamaan hingga muncul logo fastboot.
  2. Jalankan aplikasi MiFlash Tool.
  3. Selanjutnya sambungkan perangkat ke PC/Laptop menggunakan kabel USB yang sudah di siapkan.
  4. Klik refresh pada MiFlash. Jika perangkat sudah terdeteksi, akan muncul kombinasi huruf dan angka pada device.
  5. Langkah berikutnya, klik Select dan pilih folder tempat Anda menyimpan ROM yang sudah di ekstrak tadi, lalu klik OK.
  6. Pilih opsi Clean All pada bagian bawah Mi Flash. Kemudian, klik Flash untuk memulai proses flashing.
  7. Jika sudah muncul status “Flash Done”, itu tandanya proses flashing sudah selesai dan berhasil di jalankan.
  8. Lepaskan perangkat dari kabel USB. Sekarang, nyalakan perangkat dengan menekan tombol power.
  9. Tunggu hingga muncul start up Android untuk mengatur bahasa dan wilayah, dan sampai ke Homescreen.
  10. Selesai!

Selanjutnya, daftar akun Mi Cloud baru pada perangkat Anda. Agar tidak lupa lagi, usahakan untuk mencatat passwordnya.

NOTE!! : Untuk bypass Mi Cloud perangkat Xiaomi keluaran terbaru yang langsung menggunakan MIUI 13 dan tidak support MIUI dibawahnya, masih sangat sulit dilakukan.

Nah, demikianlah 2 cara mengatasi lupa password Mi Cloud. Anda bisa mencoba cara diatas untuk mengembalikan akun Anda. Selamat mencoba, semoga berhasil.

Baca Lainnya
Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.