Museum Angkut Malang: Tiket dan Berbagai Koleksinya

22

Selain keindahan alamnya, Malang juga tidak mau ketinggalan dengan wisata edukasi dan wisata sejarahnya. Salah satu wisata edukasi yang paling populer di Kota Apel ini adalah Museum Angkut Malang. Wisata ini memang kerap dipilih untuk tujuan study tour sekolah dari SD hingga SMA. Tapi bukan berarti museum ini tidak cocok untuk dijadikan tempat liburan atau bahkan berswafoto.

Banyak pengunjung yang ingin melihat mobil-mobil antik dari berbagai negara. Di museum ini tidak hanya tersedia deretan mobil-mobil yang dipajang, tapi juga berbagai transportasi lain seperti miniatur kapal, interior berkonsep pelabuhan, replika gedung ala Eropa, dan masih banyak hal seru lain di dalamnya.

Sekilas Tentang Museum Angkut Malang

Museum Angkut Batu dibuka pada tahun 2014 oleh pemerintah setempat. Sejak pertama buka hingga sekarang museum ini berhasil menarik wisatawan dari berbagai kota. Bahkan pada setiap tahunnya pengunjung selalu membludak.

Museum yang berdiri di lahan seluas 3,8 hektare ini menyimpan lebih dari 300 alat transportasi antik di dalamnya. Serta terdapat juga perpaduan antara seni, budaya, edukasi, serta hiburan yang membuat museum angkut ini terlihat sangat menarik.

Museum Angkut
instagram.com/ita_3r

Selain edukasi tentang sejarah alat transportasi, pengunjung juga akan diajak melihat-lihat suasana kota terkenal di berbagai negara. Jadi kamu bisa bersimulasi merasakan bagaimana jika sedang berada di negara lain. Oh ya, ada wahana menariknya juga lho di Museum Angkut ini.

Bahkan berkat ide brilian dalam mengusung dan menerapkan konsep pada setiap titik museum, wisata edukasi di Malang ini tercatat sebagai museum transportasi pertama yang ada di Asia.

Wahana dan Zona menarik di Museum Angkut Malang

Jika pada umumnya anak-anak muda akan merasa bosan berada di sebuah museum, kamu justru akan merasa betah berkeliling di Museum Angkut. Museum ini juga sangat cocok untuk menjadi tujuan wisata anak-anak hingga dewasa dari semua kalangan. Lalu apa sajakah hal menarik yang bisa ditemukan di salah satu wisata edukasi Malang ini?

Berikut beberapa wahana dan titik menarik di Museum Angkut yang harus kamu telusuri:

1. Zona Utama Museum

Suguhan utama dan yang paling diburu adalah area yang menyimpan ratusan koleksi berbagai jenis alat transportasi. Baik dari mobil-mobil kuno dari berbagai negara hingga helikopter. Berbagai jenis mobil dari waktu ke waktu juga terpampang di hall utama ini.

2. Zona Sunda

Kawasan Pelabuhan Sunda Kelapa yang dulu dan sekarang memang sudah berbeda. Oleh karena itu, Museum Angkut Malang menghadirkan kembali nuansa Sunda bagi pengunjung yang ingin mengetahui sejarah atau sekedar bernostalgia.

Desain pada area tersebut dibuat semirip mungkin dengan keadaan masa lampau. Lengkap dengan miniatur kapal-kapal yang bersandar di pelabuhan dan toko-toko dengan tulisan berbahasa Belanda.

3. Zona Hollywood

Pada area ini, kamu akan disuguhkan replika dengan konsep perfilm-an Hollywood. Pengunjung bisa melihat replika mobil Scooby Doo, kendaraan Batmobile, patung replika hulk, dan pernak-pernik lain berbau box office Hollywood.

4. Zona Uni Eropa

Tak ketinggalan koleksi mobil antik dari zaman Uni Eropa dulu seperti koleksi dari negara Inggris, Perancis, Jerman, dan Italia. Di museum ini terpajang mobil antik Land Rover yang dulu pernah digunakan Ratu Ellizabeth II.

Selain mobil, kamu juga bisa berswafoto dengan latar belakang miniatur Istana Buckingham yang sangat kental dengan budaya Eropa.

5. Zona Gangster and Broadway

Selanjutnya, Zona Gangster juga tak kalah menarik dari zona lain di Museum Angkut Malang. Zona ini menghadirkan suasana Kota Chicago pada era 1920-an. Pada tahun itu, seorang ganster bernama Al Capone yang terlibat dalam berbagai aksi kejahatan.

Nah, disini kamu akan diajak menelusuri jejak aksi Al Capone diberbagai penjuru Kota Chicago. Pengunjung akan ikut merasakan sensai ketegangan di kota tersebut bersama Al Capone.

6. Zona Vegas

Kemegahan gerbang Las Vegas akan menuntun pengunjung menyusuri Kota Las Vegas. Saat berada di zona ini, kamu akan merasa berada di tengah gemerlap dan modernnya kota ini. Jangan lupa untuk mengabadikan moment di zona ini, karena suasana malam di kota ini sangat menakjubkan.

7. Wahana Pasar Apung

Zona selanjutnya di Museum Angkut Malang, pengunjung akan diajak untuk menikmati wahana Pasar Apung. Seperti pasar apung sungguhan, kamu akan mencoba menaiki sampan sambil menikmati aneka kuliner yang tersedia. Beberapa menu yang ada seperti gado-gado, bakso, rujak cingur, dan makanan khas lainnya.

Uniknya dari wahana ini adalah transaksi jual beli souvenir. Disini kamu bisa membeli souvenir berupa kerajinan khas untuk dibawa pulang. Tidak seperti kedai-kedai cinderamata pada umumnya, pengunjung harus membeli dari atas perahu langsung sepert pasar apung nyata.

8. Wahana Flight Training

Ini merupakan wahana paling menarik di Museum Angkut. Selain melihat-lihat transportasi udara yang sudah pensiun, kamu juga bisa mencoba simulator ini untuk merasakan sensasi menerbangkan pesawat terbang.

Jika selama ini kamu hanya duduk di bangku penumpang, bersama Flight Training Museum Angkut kamu bisa berperan sebagi pilot di balik kokpit pesawat. Wahana ini berlaku untuk siapa saja yang ingin mencobanya.

Harga Tiket Museum Angkut Malang dan Jam Operasional

Setelah setengah hari berwisata di tempat lain, saat siang kamu bisa mengunjungi museum ini. Hal tersebut karena Museum Angkut baru beroperasi mulai pukul 12.00 hingga pukul 20.00 WIB. Tapi tenang saja, karena museum transportasi ini selalu buka setiap hari.

Harga tiket masuknya juga sangat terjangkau, sebanding dengan apa yang akan pengunjung dapatkan di dalam. Nantinya pegunjung akan dikenakan tarif sekitar Rp100.000,- agar bisa melihat berbagai koleksi yang ada di Museum Angkut ini.

Lokasi dan Rute Menuju Museum Angkut Malang

Buat yang ingin berkunjung, langsung saja datang ke Jalan Terusan Sultan Agung No.2, Kecamatan Batu, Kota Batu, Jawa Timur. Lokasi museum ini juga sangat strategis, jadi kamu bisa berkunjung menggunakan kendaraan pribadi maupun transportasi umum.

Jika menggunakan transportasi umum, dari terminal Batu kamu hanya perlu naik angkutan yang berwarna merah dengan kode BNK. Angkutan ini akan melewati museum, sehingga tidak perlu repot lagi menggunakan tranportasi lainnya.

Fasilitias Umum di Museum Angkut Malang

Seperti zona dan wahananya yang beraneka ragam, pihak Museum Angkut Batu juga menyediakan berbagai fasilitas untuk menunjang kenyamanan pengunjung. Berikut beberapa fasilitasnya:

  1. Area parkir yang sangat memadai
  2. Food Court
  3. ATM Center dan loker
  4. Toilet
  5. Shuttle Car
  6. Lift, Charger Station
  7. Musholla

Demi keamanan dan kenyamanan bersama, pengunjung di larang merokok serta membawa makanan sendiri dari luar. Buat kamu yang ingin berkunjung ke Museum Angkut Malang juga harus mematuhi protokol kesehatan dan menunjukkan sertifikat vaksin dari aplikasi PeduliLindungi.

Kamu juga bisa mengunjungi beberapa tempat wisata yang ada di sekitar Museum Angkut ini seperti Batu Flower Garden dan Batu Night Spectacular.

Baca Lainnya
Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.