Cara Mengatasi Notifikasi Xiaomi Tidak Muncul Jika Aplikasi Tidak Dibuka

18

Nulis.net | Cara Mengatasi Notifikasi Xiaomi Tidak Masuk Jika Aplikasi Tidak Dibuka – Seperti yang kita tahu, Xiaomi terkenal karena ROM MIUI yang memiliki tampilan yang sangat menarik dan kaya akan fitur. Tetapi ternyata banyak pengguna baru Xiaomi yang masih kebingungan kenapa notifikasi/pesan baru bisa masuk setelah aplikasi dibuka.

Para pengguna Xiaomi yang sudah lama menggunakan ROM MIUI, tentunya tahu kenapa hal ini bisa terjadi. Namun untuk pemula atau pengguna baru, tentu akan mengalami sedikit kebingungan. Nah, untuk itu silahkan simak ulasannya berikut ini.

Apakah Penyebabnya Notifikasi Tidak Muncul?

Jika Anda sedang mengalami masalah notifikasi yang baru muncul pada saat perangkat dalam kondisi standby itu karena secara default proses background aplikasi tersebut dimatikan oleh keamanan MIUI.

Jadi, saat Anda mengunci aplikasi yang berjalan di background, semua pesan yang masuk dan notifikasi aplikasi akan muncul setelah aplikasi dibuka, misalnya pada aplikasi WhatsApp, Instagram, Facebook, Line dan aplikasi serupa lainnya.

Nah, kebanyakan aplikasi media sosial sifatnya meminta stay connect harus standby. Apabila aplikasi tersebut tidak standby, maka aplikasi tersebut layaknya tidak berjalan di proses latar belakang. Hal inilah yang menyebabkan notifikasi terlambat masuk/tidak masuk.

Cara Mengatasi Notifikasi Xiaomi Tidak Muncul Jika Aplikasi Tidak Dibuka

1. Melalui Aplikasi Terkini (Kunci Proses)

Cara pertama untuk mengatasi hal ini sangatlah mudah. Anda hanya perlu mengunci aplikasi tersebut agar sistem keamanan tidak mematikan proses aplikasi tersebut.

Lalu bagaimana caranya?

Anda bisa melihat cara lengkapnya pada artikel kami tentang cara mengunci recent app Xiaomi MIUI.

2. Melalui Pengaturan (Mulai Otomatis)

Cara selanjutnya ini merupakan cara terbaik yang bisa Anda lakukan. Meskipun aplikasi tidak dikunci seperti cara pertama tadi, aplikasi akan memulai kembali meskipun perangkat di restart ulang. Ikuti langkah-langkah berikut ini.

  1. Pertama, masuk ke aplikasi Pengaturan di perangkat Anda.
  2. Selanjutnya gulir ke bawah dan temukan menu Aplikasi.
  3. Setelah itu ketuk lagi pada Kelola aplikasi.
  4. Nantinya akan ditampilkan semua aplikasi yang terpasang di perangkat Anda.
  5. Pilih aplikasi yang ingin Anda jalankan otomatis, kemudian ketuk toogle disamping mulai otomatis.
  6. Selesai, kini notifikasi aplikasi tersebut akan langsung masuk meskipun aplikasi tidak dibuka.

Aktifkan Mulai Otomatis di Xiaomi

3. Untuk Pengguna MIUI Versi Lama

Untuk pengguna perangkat Xiaomi yang menggunakan MIUI sebelum versi 12. Jika Anda sudah mencoba kedua metode diatas namun notifikasi masih terlambat masuk, Anda harus memberi akses di ‘Penghemat Baterai’ untuk mengizinkan aplikasi tersebut tetap berjalan di proses latar belakang.

Simak langkah-langkahnya di bawah ini :

  1. Pertama, buka aplikasi Keamanan (Security) kemudian pilih Baterai & performa.
  2. Selanjutnya beralih ke tab Baterai di bagian atas.
  3. Pilih Penghemat baterai aplikasi.
  4. Setelah itu ketuk aplikasi yang Anda inginkan lalu setel latar belakang baterai ke opsi Tak ada pembatasan.
  5. Jika nanti muncul 2 opsi lokasi latar belakang di bagian bawah, pilih Izinkan.
  6. Selesai.

Penghemat Baterai Xiaomi

NOTE : Jika Anda sudah menerapkan semua metode diatas namun tetap saja notifikasi atau pesan tidak masuk jika aplikasi tidak dibuka, kemungkinan masih ada ‘bug’ pada ROM yang digunakan. Tunggu update selanjutnya atau silahkan ganti ROM Anda, misalnya dari Developer ke Stable.

Itulah tadi cara mengatasi notifikasi Xiaomi tidak masuk jika aplikasi tidak dibuka. Sebenarnya ini merupakan salah satu kebijakan dari Xiaomi agar RAM di perangkat Anda tidak kualahan. Tentunya ini akan bermanfaat jika aktifitas yang Anda lakukan di perangkat cukup tinggi (multitasking) sehingga tidak lag dan lemot.

Baca Lainnya
Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.