Pemandian Air Panas Cangar: Tiket dan Info Lokasinya

21

Kota wisata Batu memang tidak jauh dari gunung-gunung besar di sekitarnya. Sehingga tidak heran jika udaranya masih terasa sangat sejuk, dan hawanya cenderung dingin bagi yang terbiasa tinggal di daerah panas. Maka dari itu banyak wisatawan yang mencoba menghangatkan diri, salah satunya dengan berendam di Pemandian Air Panas Cangar.

Pemandian air panas yang lokasinya berada sekitar 20 km dari pusat Kota Batu ini tak hanya diminati karena air panasnya saja. Tapi karena pengunjung bisa berendam sekaligus bersantai sambil menikmati pemandangan alam yang masih sangat alami di sekitarnya. Selain kolam air panasnya, pemandian umum Cangar ini juga memiliki beberapa keunikan berikut ini:

Tentang Pemandian Air Panas Cangar dan Hal Menarik Lainnya

Cangar merupakan tempat dimana salah satu wisata pemandian air panas di Kota Batu yang cukup banyak dilirik wisatawan. Pemandian air panas ini berada di ketinggian sekitar 1.000 meter diatas permukaan laut, atau lebih tepatnya berada di kaki Gunung Welirang.

Selain karena berada di lereng gunung, Cangar terasa semakin dingin karena masih diselimuti hutan asri dengan udara yang sejuk. Suasananya yang sunyi cocok untuk pengunjung yang suka ketenangan.

Pemandian Air Panas Cangar
instagram.com/rerefirmansyah

Buat kamu yang ingin berkunjung, dijamin tidak akan rugi deh. Karena selain pemandiannya, kamu juga bisa menikmati hal menarik lainnya di Cangar berikut ini:

1. Keindahan Hutan dan Satwa Liarnya

Pemandian Air Panas Cangar dikelilingi hutan hijau, lengkap dengan satwanya. Saat berkunjung, kamu bisa bersantai dengan diiringi musik alami dari alam. Di area pemandian, masih terdengar suara kicau burung, derikan serangga, dan pekikan kawanan monyet.

Bahkan monyet-monyet tersebut juga tak jarang menampakkan diri di pepohonan dekat pemandian. Meski pengunjung tengah ramai, monyet-monyet itu tetap santai bergelantungan sambil bersuara.

2. Kolam Renang dan Kelebihan Air Panasnya

Wisata pemandian air panas ini memiliki tiga kolam, yaitu dua kolam renang dan satu kolam asli untuk berendam. Pada kolam renang, airnya terlihat sangat jernih. Sedangkan pada kolam asli dasar kolamnya menggunakan bebatuan. Terdapat uap hangat yang muncul dari kolam asli.

Sumber air yang ada di Pemandian Air Panas Cangar terutama area kolam renang berasal dari mata air pegunungan asli. Sedangkan pada area air hangatnya berasal dari mata air yang panas alami dari perut bumi.

Awalnya mata air alami tersebut suhunya cukup tinggi. Akan tetapi sebelum dialirkan pada kolam rendam, air panas tersebut dicampur dulu dengan mata air pegunungan. Sehingga suhu air menjadi hangat dan sesuai untuk berendam.

Meskipun air panasnya mengandung belerang, namun warna airnya tetap jernih. Selain itu, air yang mengandung mineral dan belerang ini diyakini mampu menyembuhkan berbagai masalah kulit. Bahkan mitosnya, berendam di air panas ini bisa membuat kulit lebih awet muda!

3. Menyaksikan Tempat Bersejarah

Tak hanya pada area kolamnya saja yang indah. Area sekitar kawasan Pemandian Air Panas Cangar ini ternyata juga bersejarah. Kawasan Taman Hutan Raya R. Soeryo ini merupakan saksi tempat bersejarah pada zaman penjajahan Jepang. Di area hutan tersebut terdapat beberapa goa buatan yang dibangun pada tahun 1942 hingga 1945.

Goa-goa tersebut tersebar pada beberapa titik di kawasan Taman Hutan. Meski sudah tidak digunakan, namun pengunjung harus turut serta menjaga kelestariannya dengan cara tidak merusaknya.

4. Menikmati Kuliner Khas Cangar

Setelah puas berendam, pengunjung bisa mencicipi kuliner khas Cangar yaitu Tape Ketan Hitam dan Tetel. Kamu juga wajib mencoba Badhek atau air tape ketan. Namun bagi yang tidak suka atau tidak biasa makan ketan, kamu bisa mencoba kuliner lain yang harganya juga bersahabat.

5. Wahana Lain di Cangar Batu

Jika kamu tidak ingin berendam, kamu masih bisa mencoba hal menarik lain di Cangar Batu, yakni taman bermain, area camping, ataupun wahana flying fox.

Harga Tiket Masuk Pemandian Air Panas Cangar dan Jam Operasional

Tidak seperti objek wisata lain, pemandian air panas ini sayangnya tidak buka setiap hari. Dalam satu minggu, pemandian cangar akan tutup pada hari Jumat untuk dikuras dan dibersihkan kolamnya. Namun pada hari lain, pemandian air panas cangar buka mulai pukul 08.00-15.00 WIB. Adapun untuk harga tiket masuknya yaitu:

  • Tiket masuk saat weekday sekitar Rp. 10.000 per orang
  • Tiket masuk saat weekend sekitar Rp. 15.000 per orang
  • Parkir motor sebesar Rp. 3.000 dan Rp. 5.000 untuk parkir mobil

Lokasi dan Rute Menuju Pemandian Air Panas Cangar

Bagi yang ingin merasakan berendam air panas di Cangar kamu bisa datang ke Desa Sumber Brantas, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur. Bagi wisatawan dari arah Pusat Kota Batu bisa langsung ke arah Jurang Kuali, lalu ke Desa Sumber Brantas dan sampailah di Cangar.

Jika kamu dari Pacet, jalan terus ke arah Mojokerto. Kemudian lanjut ke Kampung Sendi dan jalan hingga Kawasan Taman Hutan Raya Soeryo. Disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi saat berkunjung, karena akses untuk transportasi umum sedikit sulit.

Fasilitas Umum di Wisata Pemandian Cangar

Beberapa fasilitas umum yang tersedia di Cangar seperti gazebo untuk santai, kamar mandi, mushola, toko souvenir untuk oleh-oleh dan fasilitas lainnya.

Oh ya, sebelum masuk ke Pemandian Air Panas Cangar, kamu sebaiknya tidak menggunakan perhiasan berbahan kaca agar tidak membahayakan pengunjung lain. Barang dan perhiasan pengunjung juga menjadi tanggung jawab pribadi. Jadi jaga dengan seksama barang-barang bawaan kamu.

Sebagai rekomendasi, kamu bisa mengunjungi wisata malang lainnya seperti Onsen Malang yang juga memiliki sumber mata air panas di dalamnya dengan bangunan berkonsep Jepang.

Baca Lainnya
Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.