Puncak Becici Jogja: Harga Tiket dan Lokasi

16

Puncak Becici yang merupakan salah satu destinasi kekinian di Jogjakarta ini merupakan kawasan wisata alam yang ramai pengunjung. Tempat wisata yang terletak di kabupaten Bantul ini menawarkan pemandangan alam dari ketinggian yang membuat pengunjung merasa tinggal di negeri di awan.

Destinasi wisata ini semakin terkenal setelah kunjungan presiden ke 44 negara adidaya Amerika Serikat. Yakni presiden Barack Hussein Obama yang berkunjung ke Indonesia pada tahun 2017. Apalagi ketika dalam salah satu pernyataannya yang mengungkapkan bahwa Puncak Becici menjadi salah satu destinasi favoritnya ketika datang ke Indonesia.

Bahkan untuk mengenang kedatangan presiden Obama tersebut, dibuatlah sebuah papan jalan dengan nama Jl. Obama. Nama jalan yang menjadi salah satu spot foto yang menarik dan unik di wisata alam dengan banyak pohon pinus ini.

Sekilas Kisah Mengenai Wisata Alam Puncak Becici

Berada di kawasan hutan pinus yang sejuk dan teduh, dengan udara bersih yang berhembus segar. Destinasi wisata yang menawarkan kehidupan perbukitan ini memiliki luas sampai 4,4 hektar. Dengan ketinggian yang cukup lumayan kita-kira 380 mdpl, sehingga wajar kalau suasana sangat sejuk dan memberikan efek tenang yang luar biasa.

Serunya lagi saat berada di Puncak Becici ini, pengunjung bisa menikmati pemandangan yang menakjubkan. Yakni pemandangan alam kota Jogja yang indah terutama di malam hari dengan kelap-kelip lampunya.

Pada siang hari bisa melihat Candi Prambanan di kejauhan yang sangat megah. Selain itu juga bisa melihat siluet pantai selatan Jogja yang diiringi dengan pemandangan Gunung Sindoro dan Gunung Merapi. Berwisata ke sini seperti belanja satu bonusnya banyak, sangat menguntungkan.

Nama Becici sendiri diambil dari bahasa Jawa yang dibuat dari gabungan dua kata yakni ambeg yang artinya berdiam diri, dan suci. Dua kata yang berasal dari kisah rakyat yang berkembang, tentang putri pendiri desa Muntuk yang menghabiskan waktunya untuk bertapa di bukit hutan pinus tersebut. Sampai ketika menjelang ajalnya tiba, beliau ingin disemayamkan di bukit tersebut.

Lokasi Destinasi Wisata Puncak Becici

Lokasi Puncak Becici
instagram.com/rubidewiiii

Kalau anda ingin menikmati suasana hutan yang bersih dan alami, berlibur ke tempat ini sangat recomended. Apalagi di sekitar tempat wisata ini juga banyak destinasi hits lainnya yang dapat dikunjungi sekali jalan.

Lokasi persisnya obyek wisata ini adalah di Gunung Cilik, RT 07 RW 02, Desa Muntuk, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul. Kalau dari kota Jogja sendiri jaraknya kira-kira 30 KM dengan waktu tempuh kurang lebih 1 jam perjalanan saja.

Sering juga dikenal dengan nama Hutan Sudimoro I dan juga Becici Asri ini cukup dekat dengan Hutan Pinus Imogiri dan Hutan Pinus Mangunan. Termasuk dalam kawasan yang dibawah pengelolaan RPH Mangunan.

Sebagian besar pohon pinus yang tumbuh di kawasan hutan ini, dimanfaatkan sebagai mata pencaharian oleh penduduk setempat dengan menderes getahnya. Getah pinus sangat bermanfaat di dunia insdustri kimia sebagai turpentin. Yakni cairan yang sangat penting sebagai bahan baku pembuatan kosmetik, minyak cat, antiseptik, farmasi dan campuran bahan pelarut.

Baca Juga :

Rute Yang Harus Ditempuh Saat Menuju Puncak Becici

Bagi penduduk asli kota Jogja tentu tidak akan kesulitan untuk menemukan jalan ke arah Puncak Becici ini. Namun jika anda adalah pendatang yang belum pernah tinggal di Jogja tidak usah khawatir. Karena ada dua rute yang mudah diikuti jika ingin berwisata alam kesana.

Berdasarkan pengalaman banyak orang, rute yang paling cepat ditempuh adalah melalui jalan Wonosari. Apalagi medannya cukup bersahabat dan dapat dilalui semua kendaraan. Supaya tidak membuat anda bingung, anda dapat mempelajari dua rute dibawah ini dan memilih yang paling sesuai untuk anda.

1. Melewati Rute Imogiri Timur

Kalau anda datang dari arah pusat kota Jogja, anda dapat mengarahkan kendaraan anda menuju ke terminal Giwangan. Kemudian setelah sampai di perempatan, anda dapat mengikuti jalan lurus terus ke selatan, ke arah pemakaman Raja-raja di Imogiri.

Kemudian anda dapat mengambil arah menuju ke kawasan Mangunan. Setelah memasuki kawasan mangunan anda akan menemukan Hutan Pinus Mangunan. Perhatikan papan petunjuk yang memberikan pedoman titik lokasi tepatnya Puncak Becici berada.

2. Melewati Rute Wonosari

Rute yang kedua inilah rute yang paling direkomendasikan para pengunjung yang sudah datang ke Puncak Becici. Dari arah Jogja anda dapat mengikuti jalan menuju jalan Wonosari sampai menemukan perempatan Patuk Gunung Kidul. Kemudian dapat dilanjutkan dengan mengambil arah belok kanan menuju Dlingo.

Setelah sampai di daerah Dlingo ikuti terus jalannya sampai ke daerah Hutan Pinus Sudimoro 1, anda bisa berpedoman pada papan petunjuk yang mengarahkan ke titik lokasi. Karena sudah hampir sampai di lokasi tujuan wisata jadi anda sebaiknya pelan-pelan.

Memang jalanan yang dilalui cukup berbelok-belok, namun tidak terlalu tajam. Karena medannya yang cukup bagus dan mulus, bisa dilewati semua kendaraan termasuk bis pariwisata. Apalagi kalau dilewati dengan motor, perjalanan akan lebih berkesan karena bisa menikmati pemandangan yang indah dan udara yang sejuk menyegarkan.

Harga Tiket Masuk Puncak Becici Jogja

Kalau anda menginginkan wisata keren dengan banyak spot instagramable namun tidak terlalu mahal, maka anda dapat memilih berwisata ke tempat ini. Karena harga-harganya masih sangat terjangkau bahkan bisa dibilang cukup murah. Biar nggak makin penasaran bisa kepoin dulu yuk harga-harga yang berlaku di tempat wisata ini:

  • Harga tiket untuk masuk ke kawasan hutan adalah Rp. 2.000,-  tiap orang.
  • Harga tiket untuk panggung sekolah hutan adalah Rp. 2.500,-  tiap orang.
  • Harga tiket untuk jelajah alam adalah Rp. 10.000,-  tiap orang.
  • Harga tiket untuk studio alam adalah Rp. 2.000,-  tiap orang.
  • Harga retribusi parkir untuk sepeda motor. Rp 2.000,-.
  • Harga retribusi parkir untuk Mobil Rp. 5.000,-.
  • Harga retribusi parkir untuk Bus. Rp 20.000,-.

Selain beberapa harga sewa yang ada diatas, masih ada beberapa fasilitas keren yang dapat anda manfaatkan dengan harga yang tidak bikin kantong bolong. Fasilitas tersebut diantaranya adalah:

  • Penyewaan Hammock Rp. 10.000,- tiap orang.
  • Penyewaan tempat Rp. 200.000,- tiap kegiatan.
  • Penyewaan Camping ground Rp. 15.000,- tiap orang sehari.
  • Penyewaan Aula Rp. 250.000,- tiap 4 jam.
  • Pembuatan Video clip Rp. 250.000,- setiap kegiatan.
  • Pembuatan Film komersial Rp. 1.000.000,- setiap hari.
  • Pembuatan Foto prewedding Rp. 200.000,- setiap kegiatan.

Demikianlah beberapa harga yang berlaku di Puncak Becici, karena memiliki pencahayaan yang cukup memadai. Pengunjung dapat menikmati wisata ini dari pagi sampai malam hari untuk berburu sunset sembari menikmati suasana. Karena tempat ini bukan dari pukul 05.00 hingga pukul 19.00 WIB setiap hari.

Fasilitas Yang Tersedia di Puncak Becici

Sebagai tempat wisata yang dikelola dengan cukup serius, dan termasuk dalam jajaran destinasi favorit di kabupaten Bantul. Maka fasilitas yang tersedia untuk wisatawan yang datang pun cukup lengkap. Sehingga membuat mereka betah berlibur di tempat ini.

Beberapa fasilitas yang disediakan tersebut diantaranya adalah aula, gazebo, mushola, lahan parkir yang memadai dan toilet. Selain itu juga terdapat tempat untuk beristirahat dengan banyak warung sederhana yang menjajakan makan dan minuman.

Pesona Wisata Yang Sangat Menarik di Puncak Becici

Tiket Masuk Puncak Becici
instagram.com/ade_ariess

Puncak Becici adalah destinasi wisata yang menawarkan suasana alami yang asri dengan pohon pinus yang tumbuh di berbagai sisinya. Ditambah panorama alamnya yang sangat indah, membuat banyak pengunjung yang terpikat dan ingin datang lagi.

Namun sebenarnya destinasi ini memiliki banyak daya tarik memikat yang akan membuat anda semakin ingin datang setelah mengetahuinya. Seperti contohnya dibawah ini:

1. Gardu Pandang Yang Mirip Rumah Marsupilami

Gardu pandang Puncak Becici merupakan salah satu spot paling populer dan menjadi incaran para pengunjung. Karena gardu ini menawarkan pemandangan sekitar yang terlihat sangat jelas. Tak heran kalau semua orang ingin menikmati alam dari gardu pandang ini.

Gardu pandang hasil karya masyarakat sekitar ini dijamin tidak akan mengecewakan ekspektasi anda tentang pemandangan dari ketinggian. Memandang sekitar dari berbagai macam sudut akan membuat anda merasa bersyukur atas ciptaan Tuhan.

2. Pemandangan Indah Matahari Terbenam

Salah satu pesona yang menjadi buruan para pengunjung tentu saja adalah pemandangan matahari terbenam yang sangat indah. Agar dapat menikmatinya dengan view terbaik, maka anda harus melihatnya dari gardu pandang, namun anda harus berhati-hati karena belum dilengkapi dengan pengaman khusus.

Dari gardu pandang anda dapat melihat ke segala arah dan melihat sinar keemasan matahari senja yang menyapu dengan indah. Pada puncak gunung di kejauhan yang berpadu indah dengan garis pantai selatan yang memanjang seakan tanpa ujung.

3. Camping Ground

Semakin banyaknya pengunjung yang datang, hutan yang semula manfaat utamanya dari getah pinus ini mulai berubah fungsi. Pengelola lebih mengembangkan pada kegiatan alamnya sebagai potensi wisata. Salah satunya adalah menyediakan tempat untuk berkemah.

Pengunjung dapat menginap di kawasan hutan ini sambil menyewa tenda atau membawa tenda sendiri. Tak jarang sekolah-sekolah terdekat menggunakan tempat ini untuk melakukan kegiatan pramuka disana. Karena dapat juga melakukan banyak kegiatan outbound yang seru dan menyenangkan.

4. Bersantai Dengan Menyewa Hammock dan Ayunan

Menikmati semilirnya angin dibawah rindangnya pepohonan merupakan salah satu kelebihan yang membuat pengunjung merasa nyaman. Menenangkan pikiran sambil bersantai dengan hammock bisa membuat tubuh dan otak menjadi fresh kembali.

Apalagi harga sewa hammock disini tidaklah mahal, sehingga anda tidak perlu takut mengeluarkan banyak uang untuk menikmati sensasinya. Berfoto di hammock juga merupakan salah satu hal yang disukai oleh para pengunjung.

5. Banyaknya Spot Foto dan Selfie Yang Tersedia

Sudah bukan rahasia lagi kalau jaman sekarang tempat wisata yang diminati pengunjung adalah yang memiliki banyak spot selfie. Kegiatan berfoto merupakan hal yang paling disukai jaman sekarang, sehingga wajar kalau Puncak Becici merupakan destinasi dengan spot foto yang instagramable yang disukai.

Menawarkan banyak spot foto yang sangat unik, dengan pemandangan latar perbukitan hutan pinus dan gardu pandang yang mirip rumah marsupilami. Sehingga membuat banyak orang yang melakukan syuting disini.

Lima daya tarik tadi sudah cukup untuk membuat pengunjung merasa puas dengan Puncak Becici. Namun ada beberpa hal yang harus diperhatikan saat mengunjungi tempat ini agar nyaman dan tidak mendapatkan masalah.

Salah satunya adalah pemilihan alas kaki yang nyaman saat datang,  karena medannya perbukitan yang naik turun. Pastikan juga mengecek kendaraan yang ingin digunakan untuk datang, agar selamat sampai di tujuan. Termasuk juga mengisi bahan bakar sampai penuh, agar tidak bingung saat kehabisan bahan bakar di perjalanan.

Setelah membaca beberapa hal tentang Puncak Becici ini, jangan lupa untuk datang saat berkunjung ke Jogja. Untuk membuktikan keindahan yang disuguhkan senja dengan semburatnya yang membuat liburan anda menjadi kenangan tak terlupakan.

Baca Lainnya
Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.