Seribu Batu Songgo Langit: Harga Tiket dan Lokasi

21

Seribu Batu Songgo Langit merupakan salah satu destinasi wisata hutan yang sedang ngehits di kalangan anak muda Jogja. Bagaimana tidak, tempat wisata ini menawarkan spot foto yang sangat menawan dan instagramable.

Sangat memenuhi kriteria tempat wisata hits yang disukai anak muda jaman sekarang. Menambah panjang daftar wisata di kawasan Dlingo yang sudah memiliki banyak destinasi wisata. Seperti Kebun buah dan hutan pinus Mangunan yang selalu ramai oleh pengunjung.

Destinasi wisata Songgolangit ini mulai beroperasi pada tahun 2017, dikelola oleh koperasi Notowono bersama masyarakat sekitar. Juga bekerja sama dengan Dinas Kehutanan Daerah Istimewa Yogyakarta mulai bulan Januari sebagai lembaga resmi yang milik pemerintah.

Nama tempat wisata ini diambil dari bahasa Jawa yang artinya adalah seribu batu yang menopang langit. Nama ini dibuat berdasarkan lokasi yang memiliki banyak batu raksasa yang seakan-akan sedang menopang langit.

Baca Juga :

Daya Tarik Seribu Batu Songgo Langit

Meskipun terhitung masih merupakan destinasi wisata yang baru, namun Seribu Batu Songgo Langit tak pernah sepi dari pengunjung. Kerap disebut juga sebagai puncak Songgo Langit, kawasan ini merupakan destinasi wisata bernuansa romantis yang sangat terjangkau.

Selain itu juga bertabur wahana dengan konsep negeri dongeng yang membuat banyak orang merasa angan-angan masa kecilnya tercapai dengan berkunjung ke tempat ini. Selain itu yang menjadi icon dari tempat ini juga adalah beberapa bongkahan batu besar yang menawarkan pemandangan yang sangat eksotis.

Seribu Batu Songgo Langit Jogja
instagram.com/yulian_tikapnn

Saat pertama kali masuk ke kawasan wisata ini Anda akan mendapatkan sambutan dari gapura yang sangat menarik untuk mengambil gambar. Ditambah angin sejuk yang berhembus membuat perasaan aman dan nyaman langsung menyergap.

Ditambah jajaran pondok-pondok dari kayu yang menawarkan berbagai macam kuliner yang akan langsung membuat perut mendadak keroncongan. Sungguh sambutan yang sangat menarik dan membuat pengunjung merasa senang. Dimanjakan oleh pemandangan, juga dijamin tidak kelaparan.

Agar tidak makin penasaran dan yakin untuk berkunjung ke kawasan wisata ini saat berkunjung nanti, maka anda dapat menguliknya melalui ulasan dibawah ini.

1. Spot Foto Seribu Rumah kayu Yang Eksotis

Wahana paling awal yang tidak boleh dilewatkan begitu saja di kawasan wisata ini adalah mengambil gambar dengan latar rumah kayu yang eksotis. Disini ada beberapa gubuk yang sangat estetik karena dibuat dari kayu salira berpadu cantik dengan ranting kayu lainnya.

Selain gubuk kayu, terdapat juga beberapa replika hewan dari ranting kayu yang tak kalah unik. Sehingga untuk mengambil foto di spot ini sering mengantri disaat pengunjung sedang ramai, seperti pada sabtu minggu dan hari libur.

2. Spot Foto Jembatan Jomblo

Kemudian spot lain yang tak kalah unik untuk dijadikan spot foto yang menarik lainnya adalah jembatan jomblo. Jembatan Jomblo ini berupa dek kayu memanjang yang ditata manis dan terlihat unik layaknya jembatan.

Kemudian yang sering dijadikan spot foto oleh para pengunjung adalah papan di tepi jembatan yang bertuliskan Jembatan Jomblo Seribu Batu Songgolangit. Karena cukup unik untuk dijadikan latar belakang foto yang instagramable. Ada juga yang mengambil gambar dari atas sehingga nampak keren sekali.

3. Spot Foto di Rumah Hobbit

Spot foto di rumah Hobbit merupakan salah satu spot wisata yang bernuansa negeri dongeng. Merupakan spot yang juga sangat diminati oleh pengunjung sehingga mengantri saat hari libur. Padahal disini tersedia tiga rumah hobbit yang sama kerennya untuk berswafoto.

Karena ketiga rumah hobbit tersebut memiliki gaya yang tidak sama, maka pengunjung pun ingin berfoto di semua tempatnya. Bahkan rumah Hobbit ini sangat mirip dengan yang ada di New Zealand, karena memiliki ornamen kurcaci yang lengkap.

4. Spot Foto Gardu Pandang Pepohonan Yang Seru

Sepertinya semua tempat di ketinggian memiliki gardu pandang yang menawarkan pemandangan dari ketinggian. Demikian juga dengan destinasi wisata Seribu Batu Songgo Langit ini, juga menyediakan gardu pandang untuk memuaskan pengunjung yang datang.

Gardu tersebut dibuat dengan bentuk jembatan yang berkelok-kelok dan menempel pada pohon pinus. Sehingga pengunjung dapat berjalan diatasnya sembari menikmati keteduhan hutan pinus yang sangat rindang. Sangat cocok untuk anda yang terbiasa hidup di tengah kota yang padat dan ramai untuk merasakan nuansa alami.

5. Spot Panggung Alam Seribu Batu Songgolangit

Sama seperti tempat wisata di sekitarnya seperti puncak Becici dan lain sebagainya. Disini juga memiliki spot panggung alam yang unik. Panggung alam ini dibuat dari bahan-bahan yang ada di sekitar hutan ini sehingga menyatu dengan alami pada lingkungannya.

Panggung alam yang ada di Seribu Batu Songgo Langit dibuat dari banyak kursi dengan bahan balokan kayu pinus. Kemudian disediakan pula kursi-kursi sederhana yang dibuat juga dari batang bohon untuk membuat kesan alami.

Pada pusat panggungnya yang lebar di alam terbuka dan terbuat dari kayu juga. Sering dijadikan tempat untuk membuat atraksi seni, konser kebudayaan maupun pentas seni yang menambah daya tarik wisatawan untuk datang.

6. Menikmati Wahana Rumah Pohon

Yang tak kalah keren untuk dinikmati bersama keluarga dan anak-anak di tempat wisata ini adalah rumah pohon. Pengunjung dapat mewujudkan mimpi masa kecil untuk tinggal di rumah pohon bersama keluarga. Ini akan menjadi pengalaman yang sangat berkesan saat menikmati liburan bersama anak-anak.

Apalagi suasana hutan pinus yang sejuk dan rindang membuat rumah pohonnya tidak terasa panas. Meskipun tidak menggunakan AC namun sudah cukup dingin, sehingga bikin ngantuk saat berteduh di dalamnya.

7. Spot Batu Besar yang Sangat Unik

Selain spot foto instagramable yang sengaja dibuat, tempat wisata ini juga memiliki spot foto yang alami. Salah satunya adalah berbagai batu besar yang terdapat di kawasan ini, yang juga menjadi latar yang unik dan cantik untuk mengambil gambar.

8. Spot Taman Bunga Tumpah

Nah, taman bunga tumpah ini merupakan salah satu spot yang menjadi andalan dari Seribu Batu Songgo Langit. Bunga-bunga yang tumbuh di taman dibuat dengan sedemikian rupa sehingga tampak seperti tumpah dari potnya.

Dilengkapi dengan ornamen unik dari bebatuan dan kayu yang bisa digunakan untuk duduk sambil bergaya menambah poin keindahan. Bahkan ada juga tambahan ornamen rumah mini dari kayu yang membuat para pengunjung langsung terpikat untuk mengabadikannya.

Rute dan Lokasi Seribu Batu Songgolangit

Lokasi Seribu Batu Songgolangit
instagram.com/habibi_luthfy

Ketika anda berminat untuk mengunjungi lokasi ini, anda tidak akan merasa kesulitan untuk menemukannya. Karena lokasi ini sudah sangat populer di wilayah Jogja sehingga orang akan langsung tahu saat kita bertanya.

Demikian juga dengan petunjuk arah yang ada di jalan sudah bisa menjadi pedoman, bisa juga memanfaatkan Google Maps agar tidak tersesat. Kawasan Seribu Batu Songgo Langit ini letak persisnya adalah di dusun Sukarame, Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul.

Ketika datang dari kota Yogyakarta maka dapat mengikute rute melalui jalan Ringroad Selatan dahulu. Baru kemudian setelah menemukan perempatan terminal Giwangan, dapat dilanjutkan dengan menuju ke arah Imogiri Timur. Ikuti terus jalannya sampai menemukan pertigaan di pasar Imogiri.

Setelah menemukan pertigaan pasar Imogiri, anda dapat melanjutkan perjalanan ke arah desa Mangunan. Setelah sampai di rute ini maka anda harus berhati-hati karena medan jalanannya cukup menanjak dan berbelok-belok. Sehingga diperlukan keahlian mengendarai kendaraan dan kewaspadaan saat melaluinya.

Di jalur Imogiri ini sudah dekat dengan lokasi wisatanya, sehingga akan dapat menemukan beberapa papan petunjuk yang ada. Apalagi lokasi Seribu Batu Songgo Langit posisinya lebih awal daripada kebun buah Mangunan yang sangat populer, karena harus belok kekanan lebih dahulu.

Serunya lagi di dekat lokasi desa Mangunan ini, anda akan menemukan restoran Bumi Langit yang memiliki destinasi wisata Watu Goyang. Kalau sudah sampai disini artinya sudah dekat dengan lokasi wisata tujuan utama yang anda impikan.

Tiket Masuk Seribu Batu Songgolangit

Tiket masuknya juga tidak terlalu mahal, hanya cukup membayar Rp. 5.000 saja perorang untuk dapat masuk ke kawasan wisata ini. Selain itu biaya parkirnya juga cukup murah, untuk motor hanya Rp. 2.000, biaya parkir mobil Rp. 10.000 dan biaya parkir bus sebanyak Rp. 25.000.

Fasilitas Yang Disediakan Di Seribu Batu Songgolangit

Meskipun terhitung masih merupakan destinasi wisata yang baru, namun Seribu Batu Songgo Langit sudah meyediakan fasilitas yang cukup memadai. Pengelola memastikan kebutuhan pokok para pengunjung akan terpenuhi. Beberapa fasilitas yang tersedia diantaranya adalah:

  • Mushola untuk beribadah umat muslim.
  • Aula pertemuan yang cukup memadai.
  • Area camping dan outbound.
  • Area parkir yang cukup untuk parkir mobil dan motor pengunjung.
  • Gedung aula.
  • Toilet yang cukup memadai.
  • Lintasan Tracking yang unik
  • Fasilitas untuk foto prewed.
  • Kantin yang terdiri dari warung makan sederhana yang terjangkau.

Beberapa fasilitas tersebut cukup membantu pengunjung untuk menghabiskan waktu di area ini dengan lebih nyaman. Sehingga mereka akan datang kembali dan tidak ragu untuk sharing ke teman-teman mengenai tempat yang indah ini.

Tips Saat Berkunjung ke Seribu Batu Songgolangit

ke Seribu Batu Songgolangit
instagram.com/syahnitiska

Meskipun lokasinya cukup ramai oleh pengunjung. Namun untuk dapat menikmati liburan di tempat ini dengan lebih santai dan tidak mendapatkan masalah, maka patut memperhatikan beberapa hal penting dibawah ini:

1. Usahakan Berkunjung di Hari Biasa

Kalau anda mengharapkan suasana yang lebih menyenangkan dan privat, maka anda dapat berkunjung pada hari-hari biasa. Karena saat hari libur atau sabtu dan minggu, jumlah pengunjung akan meningkat sangat banyak. Hal ini tentu saja mengurangi kenyamanan saat berlibur.

Apalagi ketika anda adalah pemburu spot selfie yang pastinya tidak akan nyaman ketika berebutan. Saat mengambil gambar dan ditungguin oleh banyak orang, bisa jadi pose yang diinginkan juga tidak tercapai dengan sempurna. Sehingga impian anda untuk memamerkan gambar ke instagram menjadi gagal total.

Datang disaat padat pengunjung juga menyulitkan saat hendak parkir, karena biasanya arena parkir sudah penuh oleh pengunjung yang datang. Sehingga niat untuk melepaskan diri dari kepenatan sehari-hari gagal karena kesulitan mendapatkan tempat parkir.

2. Hormati Adat Istiadat yang Berlaku

Seperti biasa di tempat wisata alam pasti ada aturan yang tidak tertulis seperti adat istiadat. Ketika kita datang ke rumah orang lain maka harus menghormati aturan yang berlaku. Seperti juga saat datang ke tempat wisata alam ini, sebaiknya mematuhi dan memperhatikan pantangan atau larangan yang ada.

3. Menjaga Kebersihan Lingkungan

Setelah selesai makan ataupun melakukan aktivitas yang menghasilkan sampah, sebaiknya jangan membuangnya sembarangan. Buanglah sampah pada tempat yang sudah disediakan, sehingga tidak menimbulkan pemandangan yang kotor.

Saat menggunakan properti yang ada, sebaiknya juga cukup berhati-hati agar tidak merusaknya. Tidak mencoret-coret ornamen yang ada dan tidak merusak pohon yang tumbuh di kawasan wisata ini juga salah satu tindakan menjaga kelestarian lingkungan.

Kawasan wisata Seribu Batu Songgo Langit bukan hanya menawarkan spot foto yang keren dengan pemandangan yang bagus saja. Namun juga biaya berlibur yang cukup terjangkau, seperti biaya parkir dan tiket yang sangat murah sehingga anda tidak perlu ragu untuk menghabiskan waktu disini.

Baca Lainnya
Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.